Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SISTEM RESI GUDANG: 3 Unit 'Mangkrak' Di Sumut

MEDAN--Sistem resi gudang (SRG) yang telah dibangun sebanyak  3 unit  oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Utara sampai saat ini masih belum dapat beroperasi namun secara fisik sudah  berdiri.Ketiga unit SRG tersebut masing-masing di bangun

MEDAN--Sistem resi gudang (SRG) yang telah dibangun sebanyak  3 unit  oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Utara sampai saat ini masih belum dapat beroperasi namun secara fisik sudah  berdiri.

Ketiga unit SRG tersebut masing-masing di bangun 3 Kabupaten/Kota berbeda yakni  Kabupaten Serdang  Bedagai, Kabupaten Karo danKabupaten Simalungun

Berdasarkan  data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut untuk SRG di Kabupaten Serdang  Bedagai yang  dibangun pada tahun 2010 masih dalam  tahap pembangunan Dryer.

Sedangkan SRG yang terdapat di Kabupaten Karo tang dibangun pada tahun 2011 masih dalam tahap implementasi kepada masyrakat mengingat kemarin baru dilakukanya kerjasama (Memorandum of Understanding/MoU) antara PT Pertanian sebagai pengelolah dengan Bank BRI.

Dan SRG  di Kabupaten Simalungun yang dibangun  pada tahun 2011 juga masih dalam tahap implementasi dan sosialisai kepada masyrakat.

“Untuk SRG yang dibangun di Kabupaten Sergai belum dapat beroperasi akibat  kurang memadainya ketersedian alat dan infrastruktur penunjang,  yakni belum adanya jalan khusus, lantai jemuran, dan
peralatan  pendukung seperti Dryer,” ungkap Kabid Perdagangan Dalam Negeri Sumut, Roli Tambunan. Jumat (25/1).


Dia juga mengakui kurang kuatnya komitmen pemerintah daerah untuk mengimplementasikan SRG menjadi kendala khusus sehingga masyarakat (Petani) sampai saat ini belum tau dan mengeri fungsi dari SRG.(K10/if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Tomi Razali

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper