Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cari dana, Adira Finance siapkan obligasi tahap awal Rp2,5 triliun

- Bisnis.com 25 Januari 2013  |  21:00 WIB
JAKARTA-PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk berniat menghimpun dana sebesar Rp2,5 triliun melalui penerbitan obligasi berkelanjutan dan sukuk mudharabah.
 
Perseroan melakukan penawaran umum obligasi berkelanjutan II Adira Finance 2013 dengan target total senilai Rp8 triliun. Namun untuk tahap pertama ditetapkan meraih jumlah pokok obligasi sebanyak-banyaknya Rp2 triliun.
 
Selain itu, perusahaan pembiayaan ini juga menawarkan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Adira Finance 2013 dengan raihan dana total senilai Rp1 triliun, tapi target untuk tahap I senilai Rp500 miliar.
 
“Obligasi itu terdiri dari 4 seri, yaitu obligasi seri A, seri B, seri C, dan seri D yang diterbitkan tanpa warkat.” Ujar manajemen dalam prospektus yang diterbitkan pada Jumat (25/1/2013).
 
Obligasi seri A diterbitkan dengan jangka waktu 370 hari, obligasi seri B bertenor 2 tahun, obligasi seri C dengan tenor 3 tahun, dan obligasi seri D jangka waktunya 5 tahun.
 
Sukuk Mudharabah juga diterbitkan dalam 4 seri dengan jangka waktu yang sama seperti keempat seri obligasi berkelanjutan.
 
Obligasi berkelanjutan dan sukuk mudharabah ditawarkan dengan nilai 110% dari jumlah pokok obligasi dengan pembayaran bunga obligasi atau nisbah setiap 3 bulan.
 
Perseroan menunjuk 4 penjamin pelaksana emisi obligasi dan sukuk, yakni PT Danareksa Sekuritas PT HSBC Securities Indonesia, PT Indo Premier Securities, dan PT Standard Chartered Securities Indonesia.
 
“PT Pemeringkat Efek Indonesia (PT Pefindo) telah memberi peringkat AA+ terhadap obligasi berkelanjutan dan sukuk mudharabah tersebut,” ungkapnya.
 
Disebutkan, dana hasil penerbitan obligasi akan digunakan untuk kegiatan pembiayaan konsumen kendaraan bermotor. Sedangkan dana hasil penawaran umum sukuk mudharabah akan digunakan untuk kegiatan pembiayaan konsumen kendaraan bermotor secara murabahah.
 
Adapun, masa penawaran awal obligasi dan sukuk tersebut dijadwalkan pada 28 Januari-8 Februari 2013, dengan perkiraan tanggal efektif pada 20 Februari 2013.
 
Sementara itu, masa penawaran umum diperkirakan berlangsung pada 22 Februari-26 Februari 2013,  dengan tanggal penjatahan 27 Februari 2013, dan pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 4 Maret 2013.
 
Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (PT KSEI), Adira memiliki utang dari 6 seri obligasi dengan nilai total Rp2,5 triliun yang jatuh tempo tahun ini.(Faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top