Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANCAMAN HEPATITIS:Kesadaran masyarakat masih rendah

JAKARTA—PT Roche Indonesia  mengemukakan kesadaran masyarakat akan risiko terjangkiti penyakit hepatitis  masih rendah, sehingga jumlah penderita  penyakit tersebut  di dalam negeri  terus bertambah. 
 
Head of Communication & Public Policy PT Roche Indonesia Lucia Erniawati mengatakan padahal penyakit hepatitis tersebut  jika tidak ditangani bisa berlanjut menjadi fibrosis atau kerusakan jaringan  hati dan sirosis atau kanker hati. 
 
“Banyak yang belum sadar karena mereka tidak mengerti apa hepatitis itu, apa bahayanya. [Mengingat] hepatitis hampir tidak bergejala atau sangat ringan [gejalanya],” kata Lucia di Jakarta, hari ini, Kamis (24/1) 
 
Hepatitis yang hampir tidak bergejala tersebut, ujarnya, menyebabkan orang tidak sadar jika dirinya terjangkiti penyakit tersebut. 
  
Lucia mengatakan khususnya untuk hepaitis C merupakan penyakit yang disebabkan virus yang menular melalui darah. 
   
“Siapa yang banyak berhubungan darah berisiko terkena hepatis  [C], seperti tenaga kesehatan , pengguna jarum suntik narkoba bergantian,  orang yang ditato dengan alat yang tidak steril itu juga ada risiko,” kata Lucia. 
 
Untuk mengatasinya, ujarnya, agar menghindari faktor risiko, hidup sehat, tidak menggunakan narkoba apalagi bertukar jarum suntik, dan  tidak berganti pasangan. 
  
Kalau merasa berisko, agar segera melakukan pemeriksaan tes laboratorium, dan memeriksakan diri. 
 
“Segera lakukan pemeriksaan,” kata Lucia. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Fahmi Achmad

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper