Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KOTA JAKARTA: Pembangunan Harus Kedepankan Lingkungan, Jangan Melulu Ekonomi

JAKARTA: Pembangunan kota Jakarta  dan kota di Jawa harus mengedepankan modal sosial sebagai prioritas, selain pembangunan ekonomi.Dirjen Tata Ruang Kementerian PU Imam Imam S Ernawi menyatakan pembangunan metropolitan Jakarta dan kota di Jawa tidak
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 Januari 2013  |  19:00 WIB

JAKARTA: Pembangunan kota Jakarta  dan kota di Jawa harus mengedepankan modal sosial sebagai prioritas, selain pembangunan ekonomi.

Dirjen Tata Ruang Kementerian PU Imam Imam S Ernawi menyatakan pembangunan metropolitan Jakarta dan kota di Jawa tidak boleh sama dengan kota lain karena daya dukung lingkungan Jawa yang sudah defisit dari kondisi normal.

"Setiap wilayah punya daya dukung lingkungan. Jakarta harus mendahulukan lingkungan dari pada ekonomi karena lingkungan sudah negatif," ujar Imam, Rabu (23/1/2013).

Imam menjelaskan pembangunan yang mengedepankan modal sosial itu berarti melibatkan masyarakat sejak perencanaan, pembangunan dan perawatan kota.  Idealnya dari segi daya dukung lingkungan, menurut Imam, Jakarta harus lebih baik dua kali lipat dari keadaan sekarang.

"Contoh paling nyata ialah ruang terbuka hijau, Jakarta sekarang hanya 9,8%. Pembangunan harus menggandakan itu dalam waktu secepatnya," imbuhnya. (bas)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Thomas Mola

Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top