Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANJIR JAKARTA: Warga Diimbau Waspadai Penyakit Leptospirosis

JAKARTA: Dinas Kesehatan DKI Jakarta menghimbau kepada masyarakat korban banjir  untuk berhati-hati terhadap penyakit leptospirosis.Penyakit leptospirosis yang disebabkan oleh kencing tikus biasa terjadi saat musim banjir seperti saat ini. Untuk

JAKARTA: Dinas Kesehatan DKI Jakarta menghimbau kepada masyarakat korban banjir  untuk berhati-hati terhadap penyakit leptospirosis.

Penyakit leptospirosis yang disebabkan oleh kencing tikus biasa terjadi saat musim banjir seperti saat ini. Untuk itu, masyarakat diminta waspada dengan penyakit itu, karena biasanya penyakit tersebut menular dengan cara kontak dengan air yang tercemar dengan kotoran binatang pengerat tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati mengatakan pihaknya terus mendata korban banjir yang terserang penyakit. Namun sejauh ini penyakit yang dominan diderita oleh warga yakni batuk, pilek, dan gatal-gatal. Sementara untuk leptospirosis belum ditemukan.

"Sampai saat ini belum ada, mudah-mudahan tidak ada," kata Dien, Selasa (22/1).

Dien  menuturkan, penyakit leptospirosis memang rawan terjadi paska banjir. Dia mengimbau warga untuk hidup bersih dan sehat, terutama di tempat pengungsian. Warga diimbau untuk tidak menumpuk sampah, menggunakan sepatu boots saat berjalan di genangan air, serta cuci tangan dengan sabun.

Masyarakat juga diharapkan segera mendatangi pokso kesehatan atau puskesmas jika merasakan kesehatannya menurun. Sebab jika sejak dini ditangani orang yang menderita penyakit leptospirosis bisa sembuh.

"Kalau demam selama dua hari tidak sembuh segera periksa. Dokter akan mendiagnosa. Karena jika mengalami demam tinggi secara mendadak ada kemungkinan DBD atau leptospirosis," ujarnya.

Selain demam tinggi, penyakit leptospirosis juga ditandai dengan mata merah dan nyeri otot di betis. Bahkan jika tidak segera diobati sampai bisa terjadi kencing merah. (bas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Emanuel Tome Hayon

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper