Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

USAHA KECIL MENENGAH: Pemkot Semarang Tak Akan Pungut Pajak UKM

SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang memastikan tidak akan memungut pajak usaha kecil dan menengah (UKM) karena jenis pajak tersebut merupaan wewenang pemerintah pusat.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 Januari 2013  |  11:11 WIB

SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang memastikan tidak akan memungut pajak usaha kecil dan menengah (UKM) karena jenis pajak tersebut merupaan wewenang pemerintah pusat.

Kepala Bidang Pajak Daerah Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Semarang Agus Wuryanto menegaskan pajak UKM bukan kewenangan daerah, melainkan kewenangan dari pemerintah pusat.

“Pajak UKM bukan merupakan mata pajak daerah yang ada di Kota Semarang sehingga bukan kewenangan dari kami untuk menariknya,” katanya Rabu (23/1/2013).

Agus Wuryanto menyebutkan sejumlah mata pajak daerah yang menjadi kewenangan Pemkot Semarang, antara lain, pajak bumi dan bangunan (PBB) perkotaan, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak parkir, pajak air tanah, dan pajak sarang burung walet.

Seluruh jenis pajak daerah tersebut diatur di dalam UU Nomor 28/2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

“Untuk pajak sarang burung walet, misalnya, sebenarnya di Kota Semarang hasilnya nol rupiah karena memang tidak ada sarang burung walet. Akan tetapi, regulasi menyebutkan bagian dari mata pajak daerah, maka dicantumkan,” katanya.(Antara/dot)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Endot Brilliantono

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top