Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WADUK CIAWI: Pendirian Konstruksi Butuh Rp3,5 Triliun

JAKARTA–Kementerian Pekerjaan Umum memperkirakan  pembangunan  konstruksi aduk Ciawi akan menghabiskan anggaran Rp3,5 triliun.  Jumlah itu di luar pembebasan lahan yang juga diprediksi akan menelan banyak biaya.Direktur Sumber Daya
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 Januari 2013  |  01:51 WIB

JAKARTA–Kementerian Pekerjaan Umum memperkirakan  pembangunan  konstruksi aduk Ciawi akan menghabiskan anggaran Rp3,5 triliun.  Jumlah itu di luar pembebasan lahan yang juga diprediksi akan menelan banyak biaya.

Direktur Sumber Daya Kementerian PU Muhammad Hasan menjelaskan pihaknya sempat menunda pembangunan waduk itu karena dinilai selain terlalu mahal.

Ia mengungkapkan untuk pembiayaan pembangunan waduk tersebut akan dialokasikan oleh pemerintah pusat. Pihaknya akan berkomunikasi dengan pemprov DKI untuk membantu membiayai pembebasan lahan.
 
Ditambah lagi, kapasitas daya tampung air Waduk Ciawi hanya sekitar 33 juta kubik air sehingga tidak banyak memberikan mafaat untuk mencegah banjir Jakarta. Selain itu kajian teknis pembangunan perlu dilakukan dengan cermat.

“Proyek waduk Ciawi akan membantu kebutuhan air baku Jakarta,” jelas Hasan, Selasa (22/1).

Hal itu disebabkan lokasi di mana waduk akan dibangun memiliki geologi tanah yang kurang baik. Berdasarkan kajian Kementerian PU tanah di lahan tersebut tidak memiliki daya dukung yang cukup kuat untuk menahan beban air yang besar.  Sehingga dibutuhkan treatment khusus.
 
Hasan mengungkapkan biaya treatment tanahnya agar bisa ditanam fondasi dan dibangunkan waduk juga sangat mahal. Jika dilakukan tanpa treatment dikuatirkan rawan terhadap bencana. (if)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Thomas Mola (27)

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top