Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ACEH GEMPA: Tak ada potensi tsunami, warga tetap panik berhamburan

JAKARTA: Gempa dengan kekuatan 6 SR mengguncang Provinsi Aceh pagi ini (22/01). Warga berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri saat gempa mengguncang Tanah Rencong itu.Kepala Pusat data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

JAKARTA: Gempa dengan kekuatan 6 SR mengguncang Provinsi Aceh pagi ini (22/01). Warga berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri saat gempa mengguncang Tanah Rencong itu.

Kepala Pusat data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan gempa 6 SR terjadi pukul 05:22 WIB di lokasi 5.49 LU 95.21 BT mengguncang wilayah barat daya Aceh.

"Pusat gempa di 15 km baratdaya Kota Banda Aceh, 35 km barat laut Kab. Aceh Besar, 36 km barat daya Kota Sabang Aceh. Pusat gempa berada di laut sekiitar Pulau Penasi antara Banda Aceh dan Pulau Breueh. Kedalaman 84 km. Tidak berpotensi tsunami," ujarnya dalam pesan tertulis, pagi ini.

Menurutnya, gempa dirasakan keras selama 2-5 detik oleh masyarakat di sekitar Lhoknga, Peukanbada, Ulelhee, Banda Aceh. "Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah."

Setelah 25 menit,  sambungnya, diikuti oleh gempa susulan 5,1 SR, pada tempat yang hampir sama dengan kedalaman 16 km.

"Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan. BPBD Aceh masih melakukan pemantauan. Saat ini sebagian masyarakat masih berada di luar rumah dan sebagian telah menjalankan aktivitasnya," terangnya. (arh)


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Hendri T. Asworo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper