Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PEMULANGAN WNI: KBRI Amman Repatriasi 683 Orang Sepanjang 2012

JAKARTA – Satgas Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kedutaan Besar RI (KBRI) Amman Yordania telah memulangkan (merepatriasi) sebanyak 683 WNI sepanjang 2012.Adapun sejak awal tahun sampai dengan pertangahan 2013 telah memulangkan 11 orang
- Bisnis.com 21 Januari 2013  |  23:03 WIB

JAKARTA – Satgas Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kedutaan Besar RI (KBRI) Amman Yordania telah memulangkan (merepatriasi) sebanyak 683 WNI sepanjang 2012.

Adapun sejak awal tahun sampai dengan pertangahan 2013 telah memulangkan 11 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Penata Laksana Rumah Tangga dari Yordania setelah menyelesaikan kasus mereka. Para TKI tersebut dipulangkan dalam lima gelombang.

“Dari kesebelas WNI tersebut, terdapat empat orang WNI bekerja secara ilegal pada majikan yang tiudak resmi (part time). Mereka datang ke KBRI Amman untuk minta bantuan agar dapat pulang ke Indonesia,” ujar Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri P.L.E Priatna dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (21/1).

Dia menjelaskan permasalahan yang dihadapi para WNI tersebut adalah terdapat beberapa laporan dari majikan mereka dan beban overstay cukup tinggi karena tidak punya izin tinggal di Yordania.

“Keberadaan mereka di Yordania antara 3 tahun -- 6 tahun, sementara mereka bekerja pada majikan resminya selama 3 bulan -- 18 bulan,” ujar Priatna.

Adapun tujuh WNI lainnya adalah mereka yang bekerja pada majikan resmi dan kabur dari rumah majikan dengan berbagai alasan. Antara lain gaji tidak dibayar, beban kerja terlalu berat, majikan ringan tangan dan tempramental, maupun diperlakukan secara semena-mena. (if)
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top