Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANJIR JAKARTA: Perpanjangan Siklus Air Jadi Solusi Jitu

JAKARTA—Perpanjangan siklus air dinilai penting untuk mengantisipasi banjir agar air tidak langsung menggenai seluruh permukaan tanah di Jakarta .Peneliti Utama P2 Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ignasius Dwi Atmana mengatakan

JAKARTA—Perpanjangan siklus air dinilai penting untuk mengantisipasi banjir agar air tidak langsung menggenai seluruh permukaan tanah di Jakarta .

Peneliti Utama P2 Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ignasius Dwi Atmana mengatakan salah satu cara memperpanjang siklus air adalah dengan membangun penahan air.

"Mau tidak mau, harus membangun bendungan untuk menahan air  yang debitnya kian tinggi dengan kondisi curah hujan seperti sekarang ini," ujarnya hari ini, Minggu (20/1/2013).

Dia mengatakan ada tiga titik yang mendesak untuk dibangun bendungan yakni Ciawi, Depok, dan Sunter, mengingat kontur tanah di ketiga daerah tersebut memang rendah sehingga air banyak berkumpul di sana.

Dengan begitu, lanjutnya, paling tidak dapat mengurangi debit air banjir karena banjir memang tidak bisa ditanggulangi, hanya dikurangi.

“Dari studi yang ada pun ditunjukkan permukaan tanah Jakarta sudah menurun 5 centimenter,” katanya.

Dia menjelaskan saat ini teknologi ataupun ilmu pengetahuan untuk mengurangi banjir  sudah sangat memadai dan tidak menjadi kendala.

“Kami sudah memiliki banyak permodelan di beberapa sungai sehingga sistem peringatan dini pun sudah ada. Akan tetapi itu bukan jalan keluar,” terangnya. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper