Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DANA BAGI HASIL MIGAS: Kaltim minta bagian 50%

Samboja, KUKAR: Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berharap agar dana bagi hasil (DBH) minyak yang diberikan kepada pemerintah daerah bisa mencapai 50% dari sebelumnya hanya 15%.
- Bisnis.com 18 Januari 2013  |  23:59 WIB

Samboja, KUKAR: Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berharap agar dana bagi hasil (DBH) minyak yang diberikan kepada pemerintah daerah bisa mencapai 50% dari sebelumnya hanya 15%.

Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak mengatakan porsi yang diperoleh daerah saat ini tidak mencerminkan keadilan bagi daerah yang menjadi lokasi sumber daya alam tersebut. Dia berpendapat setidaknya daerah mendapatkan porsi 50% dari DBH tersebut.

"Itu angka yang menurut saya adil. Atau kalau tidak bisa sampai 50%, ya 40% lah," ujarnya dalam konferensi pers Peresmian Operasional Lapangan South Mahakam, Kamis (17/01).

Pemprov Kaltim mengaku akan terus berjuang secara konstitusional untuk mendapatkan hak tersebut. Melalui revisi UU Migas, tambahnya, diharapkan angka DBH tersebut bisa berubah.  Awang berjanji penggunaan DBH akan ditujukan untuk membangun infrastruktur di Kaltim.

Kepala Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini mengakui angka 15% untuk DBH daerah memang cukup kecil. Dirinya telah memberikan saran untuk menaikkan porsi tersebut menjadi 30%.

"Memang perlu dinaikkan. Saya pernah sampaikan dalam usulan revisi UU Migas agar menjadi 30%," katanya.

Rudi menambahkan pemerintah daerah juga memerlukan DBH tersebut untuk program pembangunan. Infrastruktur yang baik dan tersedia bagi masyarakat tentu akan membantu dalam menjalankan roda perekonomian masyarakat. (arh)


 
 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top