Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANJIR JAKARTA: DPD Dorong Ibu Kota Dipindah Ke Jonggol Atau Banten

JAKARTA: Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman telah menyampaikan saran kepada presiden agar pusat pemerintahan dipindahkan ke provinsi lain, karena Daerah Khusus Ibukota Jakarta sudah tidak kondusif lagi jadi Ibukota.DPD sejak periode sebelumnya,

JAKARTA: Ketua Dewan Perwakilan Daerah Irman Gusman telah menyampaikan saran kepada presiden agar pusat pemerintahan dipindahkan ke provinsi lain, karena Daerah Khusus Ibukota Jakarta sudah tidak kondusif lagi jadi Ibukota.

"DPD sejak periode sebelumnya, sudah mendorong agar dilakukan pemindahan ibu kota. DPD sudah sampaikan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata ketua DPD Irman Gusman di sela-sela peninjauan korban banjir di sejumlah desa di Tangerang, Jumat (18/1/2013).

Menurut senator dari Sumatra Barat itu, lumpuhnya Jakarta akibat banjir dua hari ini telah membuktikan bahwa daya dukung kota tersebut tidak memadai lagi. Dengan alsan demikian DPD setuju jika dilakukan pemindahan pusat pemerintahan.

"DPD juga akan akan bertemu dengan para gubernur dan bupati untuk bicara hal ini," kata Irman.

Namun demikian Irman menegaskan pemindahan itu bisa dilakukan ke wilayah luar Jawa seperti Palangkaraya atau di sekitar Jabodetabek, seperti Jonggol atau Banten.  Hal terpenting, ujarnya, adalah perlunya kajian mendalam soal kota atau wilayah mana yang nantinya akan menggantikan Jakarta sebagai ibukota.

"Bahkan Presiden SBY sudah membentuk tim untuk pemindahan pusat pemerintahan ini," kata Irman terkait sejauh mana usulan itu ditindaklanjuti oleh Presiden SBY.

Irman mengaku sangat malu dengan peristiwa tersebut. Ke depan tambahnya pemerintah pusat harus serius untuk mengatasi banjir di ibukota tersebut.

"Banjir di Jakarta ini tak bisa diselesaikan oleh Pemda DKI, ini menyangkut penanganan di provinsi sekitarnya juga. Jadi harus pemerintah pusat. Ini perlu keputusan nasional," ujar Irman. (bas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper