Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JERMAN pangkas target pertumbuhan ekonomi

BERLIN: Pemerintah Jerman memangkas target pertumbuhan perekonomian terbesar di Eropa karena tertekan oleh kebijakan pengetatan anggaran dan berkurangnya permintaan ekspor.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 17 Januari 2013  |  00:59 WIB

BERLIN: Pemerintah Jerman memangkas target pertumbuhan perekonomian terbesar di Eropa karena tertekan oleh kebijakan pengetatan anggaran dan berkurangnya permintaan ekspor.


Kementerian Ekonomi Jerman pada Rabu (16/1) dalam laporan tahunannya memprediksi produk domestik bruto (PDB) melambat hingga 0,4% pada 2013 dari 0,7% pada 2012, turun dari target sebelumnya yakni 1%.


Adapun untuk 2014, pertumbuhan PDB Jerman diprediksi menguat hingga rata-rata 1,6%. “Kami berasumsi bahwa fase pelemahan pada musim dingin ini akan diatasi dalam setahun,” kata Menteri Ekonomi Jerman Philipp Roesler kepada reporter di Berlin.


Perekonomian zona euro, pasar ekspor terbesar bagi Jerman, telah terjerembab dalam resesi pada tahun lalu karena negara-negara anggotanya, seperti Yunani dan Spanyol, memangkas anggaran belanja untuk menutup defisit anggaran.


Selain itu, perlambatan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) dan China telah menekan pertumbuhan perdagangan dunia, sehingga membuat kinerja ekspor Jerman terpukul.


Kementerian Ekonomi pada 8 Januari 2012 melaporkan pemesanan pabrik Jerman turun 1,8% pada November 2012 di tengah lemahnya permintaan dari luar zona euro, sedangkan Kantor Statistik Federal pada hari yang sama mengungkapkan ekspor turun 3,4% pada bulan tersebut, penurunan tertajam dalam lebih dari setahun terakhir.


Kementerian Ekonomi memprediksi pertumbuhan ekspor akan melambat hingga 2,8% pada 2013 dari 4,1% pada 2012, sedangkan pertumbuhan impor akan menguat hingga 3,5% dari 2,3%.


Target ekonomi yang baru ditetapkan setelah Kantor Statistik yang bermarkas di Wiesbaden pada Selasa (15/1) memprediksi perekonomian melambat pada kuartal IV/12 menjadi  0,5% dari kuartal sebelumnya, jauh lebih rendah dari periode yang sama pada 2011, yakni 3%.


Bundesbank memprediksi ekonomi Jerman tidak akan turun lebih dalam. Bank sentral Jerman itu pada 7 Desember 2012 mengatakan perekonomian akan kembali stabil pada kuartal I/2013 setelah anjlok pada kuartal IV/2012.


Namun, bank yang bermarkas di Frankfurt itu tetap menurunkan prospek dan proyeksi pertumbuhan ekonominya menjadi 0,4% pada 2013, sebelum akhirnya menguat pada 2014 menjadi 1,9%.


Menurut Kementerian Ekonomi, pertumbuhan ekonomi Jerman untuk tahun ini akan lebih banyak ditopang oleh permintaan domestik, meskipun tingkat pengangguran diprediksi naik ke 7% dari 6,8% pada 2012.


Perlambatan ekonomi ini dapat menyulitkan pemerintah Jerman untuk mematuhi aturan konstitusi terkait utang negara. Pemerintahan yang dipimpin Kanselir Angela Merkel ini telah berutang sebanyak 22,5 miliar euro atau US$30 miliar pada tahun lalu. (Bloomberg/ara/arh)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top