Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KOMODITAS IKAN: DKP Kalbar Target Produksi 155.000 Ton Tahun Ini

LANDAK, Kaltim--Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat menargetkan produksi ikan pada tahun ini mencapai 155.000 ton, meningkat dibandingkan realisasi sepanjang 2012 sebanyak 140.000 ton.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 16 Januari 2013  |  18:22 WIB

LANDAK, Kaltim--Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat menargetkan produksi ikan pada tahun ini mencapai 155.000 ton, meningkat dibandingkan realisasi sepanjang 2012 sebanyak 140.000 ton.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalbar Gatot Rudiyono mengatakan pihaknya akan menambah enam kapal ukuran 32 gross tonnage (GT) untuk memperkuat enam armada yang sudah ada, guna meningkatkan produksi sekaligus menghalau penangkap ikan ilegal.

"Gubernur Kalbar juga sudah promosi untuk pembangunan Pelabuhan Temajuk, skema pembiayaannya bisa darimana saja, detail design engineering-nya telah selesai, tinggal kajian dampak lingkungannya. Konsultan juga sudah masuk," kata Gatot, Rabu (16/1/2013).

Selain itu, pihaknya juga telah menyelesaikan detail engineering design (DED) Pelabuhan Perikanan Temajuk yang bakal dibangun di Desa Temajuk Kabupaten Sambas pada 2014 dengan investasi Rp495 miliar.

Menurutnya, sumber investasi tersebut berasal dari APBN, ABPD serta investor.

Diharapkan dengan kehadiran pelabuhan kapal ikan di Temajuk yang rencananya dibangun pada 2014, mampu meningkatkan produksi ikan di Kalbar sekaligus menjaga hasil laut dari pencurian ikan nelayan asing.

Di Pelabuhan Temajuk juga disediakan dermaga khusus patroli Angkatan Laut guna menjaga perbatasan wilayah NKRI. (K46)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Odie Krisno

Editor : Wiwiek Dwi Endah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top