Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh menjanjikan rancangan sistem kurikulum baru menggantikan sistem kurikulum Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) akan selesai pada tahun ajaran baru mendatang, yakni pada Juli 2013.


"Sistem kurikulumnya sedang kami susun. Yang penting pada saat tahun ajaran baru, pada pertengahan Juli sudah ada sistem baru menggantikan RSBI," kata Mendikbud Muhammad Nuh pada acara bertajuk  Presidential Lecture: Indonesia Democracy Outlook dan Sarasehan Pemuda bertajuk Youth Expectation on 2013 for Indonesia, di Jakarta, Selasa (15/1)

Dia menjelaskan pihaknya telah memulai membicarakan sistem kurikulum tersebut dengan dinas pendidikan.

"Sedang kita rumuskan segera karena penerimaan siswa baru biasanya sudah dimulai sejak Maret-April 2013. Mudah-mudahan kurikulum sudah bisa diterapkan sebelum tahun ajaran baru. Kita tunggu saja," katanya.

Nuh mengaku telah memiliki konsep mengenai sistem kurikulum pengganti tersebut.
"Tapi kami tidak boleh menentukan sendiri karena harus mengajak dinas dan dewan pendidikan untuk duduk bersama, merumuskan apa langkah berikutnya."

Terkait usulan nama pengganti RSBI menjadi Sekolah Unggulan atau Sekolah Mandiri, M Nuh mengaku semua masih dalam proses. "Nanti akan kita tentukan. Yang penting kurikulum nanti bisa berjalan seperti pada masa RSBI masih ada."

 

RSBI telah dihapus oleh MK berdasarkan uji materi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) pasal 50 ayat 3 terhadap pasal 31 UUD 1945 tentang dasar hukum RSBI. (Antara/if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswires

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper