Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NATAL & TAHUN BARU: Libur akhir tahun Bisnis Rental mobil 'moncer'

SEMARANG - Para pengusaha rental mobil panen rejeki saat liburan Natal 2012 dan akhir tahun ini karena permintaan jasa sewa mobil meningkat tajam meskipun tarifnya mengalami kenaikan 80% dari harga normal.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 30 Desember 2012  |  19:14 WIB

SEMARANG - Para pengusaha rental mobil panen rejeki saat liburan Natal 2012 dan akhir tahun ini karena permintaan jasa sewa mobil meningkat tajam meskipun tarifnya mengalami kenaikan 80% dari harga normal.

Ardiansyah, Owner Ratu Raya Rental, salah satu rental mobil di Kota Semarang mengatakan saat musim liburan akhir tahun ini perusahaannya kebanjiran order jasa sewa mobil.

"Liburan akhir tahun ini kami kebanjiran order sejak menjelang Natal lalu. Berkah rejeki booking sewa mobil ini akan berlangsung hingga selepas 1 Januari 2013 mendatang," tuturnya, Minggu (30/12).

Dia mengatakan dari sebanyak enam armada yang dimilikinya, semua sudah dipakai oleh user sejak jauh hari sebelumnya, sehingga terpaksa menolak permintaan sewa mobil dari masyarakat.

"Padahal tarif sewanya saat liburan akhir tahun sekitar Rp450.000 per 12 jam, atau naik 80% dari tarif normal rata-rata Rp250.000 per we jam," tuturnya.

Menurutnya tingginya permintaan itu seiring tingginya kebutuhan terhadap armada angkutan pribadi untuk berlibur ke sejumlah objek wisata menghabiskan masa liburan akhir tahun ini.

"Biasanya para penyewa lebih cenderung menyukai model paket, karena lebih murah," ujarnya.

Sementara, Purwo Slamet, Kepala Operasional Iqro Management, salah satu operator tour and travel di Kota Semarang mengatakan permintaan travel rute ke Semarang-Yogyakarta naik dua kali lipat dari hari biasanya, dibandingkan dengan rute Semarang- Solo.

"Setiap hari seluruh armada yang melayani rute Semarang-Yogyakarta selalu penuh penumpang. Sedangkan tarifnya sendiri di musim liburan akhir tahun ini tidak mengalami kenaikan, masih tetap Rp45.000 per seat," ujarnya.

Menurutnya Kota Yogyakarta masih menjadi tujuan favorit untuk menghabiskan malam tahun baru, jadi lebih ramai dari pada Solo, meskipun di Solo juga akan ada event Car Free Night saat malam pergantian tahun mendatang. (K39/dot)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Puput Ady Sukarno

Editor : Reporter 1

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top