Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BISNIS HOTEL: Perhotelan berharap event pariwisata di perbanyak

SEMARANG –- Pelaku bisnis perhotelan mengharapkan banyak event pariwisata yang digelar di Jateng guna mendongkrak tingkat lama tinggal (long stay) tamu yang menginap di sejumlah hotel di provinsi ini.Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia

SEMARANG –- Pelaku bisnis perhotelan mengharapkan banyak event pariwisata yang digelar di Jateng guna mendongkrak tingkat lama tinggal (long stay) tamu yang menginap di sejumlah hotel di provinsi ini.Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jateng Heru Isnawan mengatakan tingkat lama tinggal (long stay) para tamu di sejumlah hotel di Jateng masih rendah,  berkisar 1,7-1,8 hari, tidak jauh beda dengan kondisi di Kota Semarang."Lama tidaknya wisatawan atau tamu hotel tinggal lama di sebuah kota sangat dipengaruhi oleh gelaran event wisata yang ada. Makin beragam yang ditawarkan maka wisatawan akan makin betah tinggal," tuturnya pada Minggu (30/12/2012).Untuk itu, lanjutnya, dukungan dari pemerintah setempat sangat diperlukan untuk kreatifitas dan pendanaan dari agenda wisata tersebut, termasuk kelengkapan fasilitas umum berikut infrastruktur perkotaan."Rendahnya long stay guest membuat okupansi hotel di Jateng di awal Januari biasanya drop. Ini karena setelah perayaan tahun baru, banyak tamu yang langsung pulang. Tidak ada tawaran paket wisata lagi yang bisa dinikmati setelah tanggal 1 Januari,” ujar dia.Namun, lanjutnya untuk masa akhir tahun, khususnya Desember, adanya momentum liburan sekolah yang bersamaan dengan Natal dan Tahun Baru, diakui membuat usaha perhotelan menggeliat.“Di masa pergantian tahun okupansi hotel di Semarang rata-rata naik, menjadi 80%-90%. Sementara untuk tingkat Jateng juga naik tapi masih di bawah Semarang 10%-15%. Ini karena hotel menawarkan beragam paket menarik,” tuturnya.Sementara itu, pantauan sejumlah hotel di Semarang jauh hari sudah mempersiapkan diri menyambut momentum malam pergantian tahun guna mendongkrak okupansi, seperti di Hotel Dafam Semarang, paket kamar dan dinner plus hiburan bertema Jazzology di malam pergantian tahun hanya Rp702.013 nett/malam.“Terhitung sejak tanggal 27-30 Desember, kami sudah fullbooking. Khusus 31 Desember sudah sampai 72%. Dan di awal tahun keterisiannya turun menjadi sekitar 50%,” tutur GM Hotel Dafam Semarang, Firman S Permana.Di Hotel Horison Semarang, gelaran New Year Eve The Spartan telah disiapkan, dengan paket promo seharga Rp1,2 juta nett/malam meliputi fasilitas kamar semalam, dinner dua orang dan beragam hiburan menarik serta grand price sepeda motor.“Sejak dua hari lalu sampai tahun baru sudah sold out. Bahkan untuk malam tahun baru sudah ada waiting list,” kata GM Hotel Horison Semarang Benk Mintosih.Sementara, di Grand Candi The Gallery Hotel ditawarkan promo paket New Year Room Package seharga Rp1,25 juta nett/malam, termasuk  acara malam pergantian tahun yang bertema BOND Party. (K39/dot)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Reporter 1
Sumber : Puput Ady Sukarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper