Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ISU DAGING BABI: Alat rusak, Dinas Pertanian Balikpapan uji sampel di Bogor

BALIKPAPAN: Hasil pengujian sampel dari sejumlah penggilingan daging di pasar tradisional yang diambil oleh Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Balikpapan baru diketahui pada Januari 2013 karena adanya kerusakan alat di laboratorium penguji.Sekretaris
News Editor
News Editor - Bisnis.com 30 Desember 2012  |  17:08 WIB

BALIKPAPAN: Hasil pengujian sampel dari sejumlah penggilingan daging di pasar tradisional yang diambil oleh Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Balikpapan baru diketahui pada Januari 2013 karena adanya kerusakan alat di laboratorium penguji.Sekretaris DPKP Kota Balikpapan Budijanto mengatakan sampel tersebut sebelumnya dikirim ke laboratorium penguji di Samarinda untuk mengetahui ada tidaknya campuran daging babi dalam sejumlah penggilingan daging yang ada di pasar tradisional.

Karena adanya kerusakan alat, sampel kemudian dikirim ke Bogor dan dikabarkan hasilnya baru diketahui pada Januari mendatang.Sebelumnya, pihaknya pernah menggelar tes serupa pada Maret 2012 bekerja sama dengan Balai Pengujian Mutu Produk Peternakan Bogor dan hasilnya tidak ditemukan campuran daging babi. “Karena itu, kami periksa kembali agar masyarakat yang muslim tidak resah dengan isu ini,” ujarnya, Minggu (30/12).Budijanto menyebutkan sudah ada daerah lain di Kalimantan Timur yang positif daging sapi untuk bakso dicampur dengan daging babi. Untuk itu, hasil pengujian ini juga diperlukan untuk memberikan jaminan tidak ada pencampuran daging yang akan merugikan konsumen serta pedagang.Dia menambahkan selain mengambil daging dari penggilingan yang beroperasi pada 5 pasar tradisional, pihaknya juga mengambil sampel daging bakso pada sejumlah pedagang. Total ada 11 titik sampel yangdiambil untuk memastikan hasil pengujian tersebut.Rencananya, pengujian semacam itu sudah bisa dilakukan secara mandiri di Balikpapan pada 2013. Pihaknya telah menerima peralatan dan sedang menunggu kelengkapan zat yang diperlukan untuk mendukung pengujian. Adapun sumber daya manusia yang akan menguji sudah dipersiapkan olehDPKP Kota Balikpapan. (arh)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Rachmad Subiyanto

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top