GALIAN C: Pemkab Batang Hentikan Operasional 6 Perusahaan Penambangan

BATANG: Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo, Minggu (30/12/2012) menghentikan operasional enam penambangan bahan galian golongan C di wilayah kerjanya karena diduga tidak memiliki izin operasional.
News Editor | 30 Desember 2012 15:37 WIB

BATANG: Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo, Minggu (30/12/2012) menghentikan operasional enam penambangan bahan galian golongan C di wilayah kerjanya karena diduga tidak memiliki izin operasional.

Dia mengatakan bahwa selama 2012, pemkab telah secara tegas menghentikan aktivitas enam penambangan galian C yang tidak resmi itu sebagai upaya penegakan peraturan daerah (perda) agar dipatuhi oleh para pengusaha galian.

"Selain menghentikan aktivitas penambangan, pemkab juga menyita kontak alat berat itu. Yang jelas, kami tidak akan main-main menertibkan aktivitas galian C yang tidak mempunyai izin operasional" katanya.

Ia mengatakan sebanyak enam penambangan galian C yang dihentikan aktivitas itu, antara lain milik Widodo di Desa Ponowareng, Tahuri dan Widodo di Desa Sengon, Robi dan Asik di Desa Wates, Kecamatan Wonotunggal.

"Kami meminta pada pengusaha galian C harus tertib dan mematuhi peraturan serta jangan sampai melakukan aktivitas penambangan tetapi tidak memiliki izin operasional," katanya. 

Seorang warga yang berada di dekat penambangan galian C Desa Wates, Din Tahyat, menyatakan dukungan terhadap penertiban penambangan galian C ilegal yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Batang. 

"Selama ini, aktivitas penambangan galian C tidak melihat terjadinya kerusakan lingkungan setempat karena mereka terus berorientasi mendapatkan untung.

Selain merusak lingkungan, kami juga mengeluhkan tanah yang diangkut truk bercecer di jalan raya sehingga membahayakan keselamatan para pengendara," katanya. (Antara/Endot Brilliantono)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Reporter 1

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup