Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KASUS CENTURY & HAMBALANG Jadi Bola Panas Liar Pada 2013

JAKARTA: Kelanjutan skandal Bank Century dan kasus proyek Hambalang akan menjadi bola panas yang sulit terkendali pada  2013 karena kedua kasus tersebut belum tuntas pada 2012.Demikian dikemukakan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD),

JAKARTA: Kelanjutan skandal Bank Century dan kasus proyek Hambalang akan menjadi bola panas yang sulit terkendali pada  2013 karena kedua kasus tersebut belum tuntas pada 2012.Demikian dikemukakan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Laode Ida saat menyampaikan “Refleksi Akhir tahun DPD RI” di Kompleks Parlemen, Kamis (27/12).

Menurutnya, kedua kasus tersebut tidak saja akan berdimensi hukum, namun juga berdimensi politik yang akan ikut menjadi isu nasional pada tahun depan.“Setelah tersangkanya dua mantan pejabat Bank Indonesia, kini moncong senjata penyelidikan mengarah pada figur Wapres Boediono,” ujarnya.

Jika kemudian terbukti bahwa ada keterlibatan mantan Gubenur Bank Indonesia (BI) maka situasi politik nasional akan memanas,” ujar Laode mengomentari kelanjutan kasus Bank Century.Namun, dia menegaskan bahwa penyelesaian kasus Bank Century tergantung dari keberanian KPK yang sudah memulai pengananan kasus itu. Jika KPK berani, ujarnya, maka bola panas itu justru akan bergulir tak menentu.“Bola panas ini bukan mustahil akan berujung pada upaya pemakzulan,” ujarnya.Sedangkan terkait kelanjutan kasus proyek Hambalang, Laode mengatakan bahwa setelah Andi Mallarangeng jadi tersangka korupsi dan mengundurkan diri dari Menpora maka akan muncul perkembangan baru. Dia memperkirakan pengusutan selanjutnya akan mengarah pada figur Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum dan sejumlah pejabat lainnya. (bas)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper