ADOPSI ANAK: Rusia Larang AS Adopsi Anak-anak Rusia

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 27 Desember 2012  |  23:24 WIB

 

MOSKWA—Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan tidak ada alasan untuk tidak menandatangangi RUU yang melarang Amerika untuk mengadopsi anak-anak Rusia. 

 

Selain itu, Putin juga menjanjinkan langkah-langkah untuk meningkatkan perawatan bagi anak-anak yatim di Rusia, khususnya mereka yang cacat dan sakit.

 

Walaupun Putin mengatakan perlunya mempelajari teks akhir, komentar-komentarnya sangat mengindisikan bahwa dia akan menyetujui undang-undang larangan pengadopsian, yang telah mempertegang hubungan AS-Rusia.

 

Menurut Kementerian Ilmu dan Pendidikan Rusia, terdapat lebih dari 650.000 anak-anak yatim di Rusia. Dari jumlah itu, 110.00 tinggal di lembaga-lembaga negara pada 2011.

 

Politikus Rusia mengatakan hal tersebut memalukan jika negara tidak dapat merawat diri sendiri.

 

"Adopsi asing adalah akibat dari negara dan kurangnya perhatian masyarakat terhadap anak-anak yatim. Hal ini, jika anda mau, itu akibat dari ketidakpedulian kita sendiri," kata Perdana Menteri Dmitry Medvedev saat kongres pekan lalu.

 

Berdasarkan angka resmi Rusia, keluarga Amerika mengadopsi 956 anak-anak Rusia tahun lalu, melebihi negara-negara lain. Dari jumlah yang diadopsi AS itu pada 2011, sebanyak 9% atau 89 adalah anak-anak penyandang cacat. (Winda Rahmawati/sut)

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Reuters

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top