Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERAYAAN NATAL: Sambut hari raya, Ratu Elizabeth beri ucapan dalam video 3D

LONDON: Ratu Elizabeth II akan menyampaikan pesan Natal 2012 pada warga Inggris dan persemakmuran kerajaan. Uniknya, rekaman itu berbentuk video dalam format tiga dimensi atau 3D.Sejak 80 tahun silam, kata juru bicara Istana Buckingham, pesan Natal disiarkan

LONDON: Ratu Elizabeth II akan menyampaikan pesan Natal 2012 pada warga Inggris dan persemakmuran kerajaan. Uniknya, rekaman itu berbentuk video dalam format tiga dimensi atau 3D.Sejak 80 tahun silam, kata juru bicara Istana Buckingham, pesan Natal disiarkan pada 25 Desember. Siaran itu pertama kali dilakukan Raja George V pada tahun 1932 melalui radio. Sebelumnya, pesan Natal itu menggunakan bentuk cetakan.Kini, Ratu Elizabeth III membuat pembaharuan. Ia akan menyampaikan pesan Natal dengan format 3D yang diproduksi stasiun televisi Sky News. Tapi, masyarakat Inggris dan persemakmuran dapat menonton pesan melalui televisi biasa atau berkualitas gambar HD."Kami ingin melakukan sesuatu yang berbeda dan khusus dalam tahun jubile, jadi kami untuk pertama kali menggunakan 3D yang secara teknologi bisa dilakukan," tutur juru bicara tersebut dikutip BBC. Namun, pihak Istana belum dapat memastikan tema pesan tersebut. Diperkirakan, pesan memuat cuplikan video dari perayaan jubile atau 60 tahun peringatan tahta ratu dan juga dari Olimpiade London 2012.Biasanya, Ratu menulis langsung pesan Natal dengan makna keagamaan yang kuat. Tulisan itu juga mencerminkan masalah yang relevan serta pengalaman Ratu sepanjang tahun 2012.Perkembangan teknologi digunakan pihak kerajaan untuk penyampaian pesan-pesan Natal. Tahun 1957, misalnya, ratu pertama kalinya menyampaikan pesan langsung di TV dan bukan rekaman.Sementara pesan Natal tahun lalu masih bisa diunduh dalam bentuk digital dan juga ada di Facebook.Pada 2006, pesan tersedia di podcast. Setahun kemudian, Ratu menyampaikan pesan Natal langsung lewat YouTube dengan menggunakan saluran Kerajaan Inggris. (arh) (Foto: Reuters)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Aprika R. Hernanda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper