Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GADGET: Pembaca Komik untuk Android

JAKARTA: Ponsel pintar dan tablet tidak hanya bisa digunakan untuk menelepon, berselancar di Internet ataupun menikmati video, tetapi juga untuk keperluan lain seperti menikmati komik.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 22 Desember 2012  |  20:49 WIB

JAKARTA: Ponsel pintar dan tablet tidak hanya bisa digunakan untuk menelepon, berselancar di Internet ataupun menikmati video, tetapi juga untuk keperluan lain seperti menikmati komik.

Sebagian orang mungkin merasa bahwa ponsel bukan alat yang tepat untuk membaca komik, karena ukuran layarnya yang terbatas. Ini memang ada benarnya, tetapi semakin banyak ponsel pintar Android  dengan layar lebar.

Peranti yang lebih sesuai mungkin komputer tablet, yang memiliki ukuran layar 7-10 inci dan lebih menyerupai ukuran buku komik biasa. Karena itu penggemar komik yang serius ingin membaca komik elektronik sebaiknya membacanya di sana.

Apa pun jenis peranti pilihan Anda, cukup banyak aplikasi komik yang tersedia untuk Android. Banyak di antaranya dapat digunakan untuk membaca komik yang tersimpan di dalam peranti, tapi ada pula yang bisa digunakan untuk membaca komik strip daring atau online. Berikut kita lihat dua di antaranya.

Perfect Viewer

Aplikasi gratis ini tidak hanya mendukung komik yang disimpan dalam format cbz dan cbr, dua format komik yang populer, tetapi juga format arsip lain yang kurang lazim seperti cb7(7zip) dan LZH.

Tentunya PerfectViewer juga dapat digunakan untuk membuka berkas dalam format gambar biasa seperti JPEG, PNG dan BMP. Dukungan untuk berkas PDF harus ditambahkan dengan plugin terpisah.

Aplikasi ini sendiri tampaknya lebih dirancang untuk ponsel. Ketika dibuka pertama kali yang tampil adalah menu berupa kotak-kotak yang lebih sesuai digunakan pada layar sempit dan terlampau besar pada sebuah komputer tablet dengan layar 10 inci misalnya.

Kita dapat mengeset suatu folder sebagai  folder bookshelf alias rak buku. Folder ini akan otomatis dipindai, dan bila ada berkas yang dikenali sebagai komik baik berkas gambar atau berkas arsip seperti format CBZ dan CBR, PerfectViewer akan menambahkannya ke rak buku.

Kita juga dapat membuka komik dari pengelola berkas alias file manager. Cara terakhir ini memungkinkan kita untuk membaca berkas yang terdapat di folder mana pun dalam tablet. PerfectViewer bahkan mendukung juga membaca komik yang tersimpan di folder di komputer lain dalam jaringan lokal (LAN).

Ketika membaca komik, terutama pada layar kecil, ukuran yang ditampilkan mungkin terlalu kecil buat kenyamanan mata. Pada PerfectViewer ini bisa diatasi dengan cara melakukan zoom gambar, dan panning.

Untuk beralih ke halaman baru atau kembali ke halaman sebelumnya kita dapat mengetuk layar di bagian kanan atau kiri.  

A Comic Viewer

Aplikasi ini dulu dikenal sebagai Droid Comic Viewer. Seperti kebanyakan pembaca komik aplikasi ini mengenali format CBZ dan CBR, selain format gambar lainnya seperti JPEG, BMP dan PNG.

A Comic Viewer memiliki beberapa setelan untuk membuat membaca komik lebih nyaman. Kita bisa memilih mode transisi antarhalaman, translate atau fade, atau memilih bagaimana menampilkan gambar komik yang ukurannya tidak sesuai dengan resolusi layar.

Bila peranti Android  memiliki memori terlalu rendah kita dapat mengaktifkan Low memory mode. Mode ini akan mematikan fitur transisi dan preloading atau memuat gambar terlebih dahulu.

Dinonaktifkannya fitur terakhir ini mungkin membuat pembacaan komik jadi lebih lambat, tetapi ini merupakan cara yang baik untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul bila Anda menggunakan peranti Android kelas bawah.

Satu fitur menarik adalah pilihan untuk membaca komik dari kanan ke kiri. Pilihan ini berguna buat penggemar manga, komik Jepang, yang biasanya harus dibaca seperti ini. Karena itu bila Anda memiliki koleksi manga A Comic Viewer bisa dipertimbangkan. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Gombang Nan Cengka

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top