BENCANA ALAM: Hati-Hati! Banjir, Longsor, Puting Beliung Mengancam Di 2013

JAKARTA-Bencana memang tidak dapat diprediksi, tetapi persiapan penanggulangan dan antisipasi dini dapat dilakukan oleh pemerintah, lembaga terkait dan masyarakat.
Jessica Nova
Jessica Nova - Bisnis.com 20 Desember 2012  |  13:40 WIB

JAKARTA-Bencana memang tidak dapat diprediksi, tetapi persiapan penanggulangan dan antisipasi dini dapat dilakukan oleh pemerintah, lembaga terkait dan masyarakat.

Di Indonesia, ada sebanyak 13 jenis bencana diantaranya bencana geologi seperti gempa bumi, bencana hidrometeorologi seperti banjir, dan bencana biologi (wabah penyakit) serta bencana sosial (konflik sosial).

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bencana geologi yakni gempa bumi dan tsunami tidak dapat diprediksi waktu kejadiannya.

Namun untuk bencana hidrometeorologi di antaranya banjir, longsor, kekeringan, kebakaran dan puting beliung diperkirakan mendominasi selama 2013.

“Bencana puting beliung berpotensi hingga Maret sampai dengan April 2013, sedangkan banjir dan longsor berpotensi terjadi hingga Maret tahun depan,” ujarnya hari ini (20/12).

Dia menjelaskan sebanyak 315 kabupaten/kota dengan penduduk 60,9 juta jiwa tinggal di daerah rawan. Untuk bencana longsor, terdapat di sekitar 270 kabupaten/kota dengan penduduk 124 juta jiwa berada di kawasan rawan longsor tingkat sedang hingga tinggi.

“Kebakaran hutan dan lahan selama musim kemarau berpotensi terjadi di 8 provinsi, sedangkan daerah langganan bencana itu di Sumut, Riau, Jambi, Sumsel, Kalbar, Kalteng, Kalsel, dan Kaltim,” tuturnya. (yus) 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : David Eka Issetiabudi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top