Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KENDARAAN SUV: Diminati Eksekutif Muda, Pasar Cerah Tahun Depan

JAKARTA--Pasar kendaraan sport utility vehicle  (SUV) cukup prospektif pada tahun depan seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang semakin kuat, peningkatan jumlah eksekutif muda yang dinamis dan menyukai kepraktisan serta kondisi infrastruktur

JAKARTA--Pasar kendaraan sport utility vehicle  (SUV) cukup prospektif pada tahun depan seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang semakin kuat, peningkatan jumlah eksekutif muda yang dinamis dan menyukai kepraktisan serta kondisi infrastruktur jalan yang masih buruk.

Endro Nugroho, Marketing and Dealer Network Developtment PT Suzuki Indomobil Sales, agen tunggal pemegang merek Suzuki, mengatakan kendaraan yang memenuhi selera konsumen berjiwa muda tersebut memiliki kabin yang relatif lapang dan tidak memakan banyak tempat saat parkir.

"Kendaraan sport utility vehicle semakin diminati pasar, terutama kalangan eksekutif muda yang energik dan senang dengan yang serba simple dan praktis," katanya di Jakarta, Kamis (19/12).

Menurutnya, pangasa pasar kendaraan sport utility vehicle (SUV) mencapai sekitar 11% dari total penjualan kendaraan di Indonesia yang menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Januari-November 2012 sebanyak 1,02 juta unit.

Dia mengatakan PT Suzuki Indomobil Sales menjagokan New Grand Vitara 2.4 yang merupakan generasi terbaru dari Grand Vitara yang populasinya di Tanah Air selama 5 tahun terakhir ini mencapai 20.587 unit.

Berdasarkan data terbaru Gaikindo, penjualan kendaraan SUV selama Januari-Oktober 2012 mencapai 107.901 unit, yang terdiri dari low SUV sebanyak 57.483 unit dan segmen SUV sejumlah 50.418 unit.

Suhari Sargo, ahli otomotif, mengatakan kendaraan SUV memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki jenis kendaraan lain, baik sedan maupun multi purpose vehicle yakni ground clearance atau jarak sasis dan bagian roda yang menapak tanah cukup tinggi.

Dengan jarak yang lebih tinggi, lanjutnya, maka SUV dapat melintasi segala medan jalan, termasuk yang tergenang air cukup tinggi maupun kondisi jalan tidak beraspal yang rusak dan berlubang cukup dalam.

"Hampir semua kendaraan sport utility vehicle dilengkapi mesin yang cukup tangguh untuk menempuh perjalanan berat, seperti of road dengan medan jalan yang cukup berat. Tetapi, kendaraan ini juga cocok untuk pergi ke kantor atau bepergian bersama keluarga," ujarnya. (if) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper