Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

APBD 2013: Bappeda Makassar Perkirakan Pagu Dinas Pendidikan Rp506,8 Miliar

MAKASSAR--Badan Perencanaan Pembangunan Daerah memperkirakan belanja tidak langsung Dinas Pendidikan Kota Makassar mencapai Rp506,8 miliar untuk pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 19 Desember 2012  |  17:55 WIB

MAKASSAR--Badan Perencanaan Pembangunan Daerah memperkirakan belanja tidak langsung Dinas Pendidikan Kota Makassar mencapai Rp506,8 miliar untuk pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar Ibrahim Saleh mengatakan belanja tidak langsung itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan 10.000 pegawai termasuk 8.750 guru yang terdata di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar.

“Total pagu APBD 2013 Kota Makassar telah mencapai Rp680,30 miliar, yang Rp173,48 miliar dialokasikan untuk belanja langsung termasuk dana rehabilitasi ratusan sekolah yang ada di kota ini,” kata Ibrahim, Rabu (19/12/2012).

Menurutnya, anggaran sebesar Rp40 miliar yang ada di Disdik akan digunakan untuk rehabilitasi 137 sekolah rusak di Kota Makassar. 

"Belanja tidak langsung memang meningkat 22,3% dari tahun sebelumnya yang hanya Rp134,15 miliar," ungkap Ibrahim.

Sekretaris Dinas Pendidikan Muhyidin mengatakan ada peningkatan anggaran pada 2013 dibandingkan dengan 2012.

Muhyidin menjelaskan sekira Rp506,81 miliar akan digunakan pihaknya untuk belanja tidak langsung, sementara Rp173 miliar akan digunakan untuk belanja langsung.  

Menurutnya, anggaran tersebut untuk pengembangan sarana dan pra sarana sekolah, untuk program Sisdik dan Non Sisdik serta pembangunan sekolah yang telah rusak.  

"Semua anggaran tersebut akan digunakan untuk peningkatan mutu pendidikan di kota ini," katanya.  

Sebelumnya, Kepala Bidang Sarana Disdik Kota Makassar Ahmad Badawi mengatakan anggaran itu sebagian besar dialokasikan untuk rehabilitasi total atau pembangunan ruang kelas baru sekolah. (K46)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Hendra Nick Arthur

Editor : Yanita Petriella

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top