Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INVESTASI ASING: Perizinan Dipermudah, BPM Yakin Tidak Ada Pemodal Keluar Batam

BATAM--Badan Penanaman Modal Daerah Kota Batam optimistis tidak ada investor yang angkat kaki dari kawasan ini hingga akhir tahun 2012.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 19 Desember 2012  |  15:30 WIB

BATAM--Badan Penanaman Modal Daerah Kota Batam optimistis tidak ada investor yang angkat kaki dari kawasan ini hingga akhir tahun 2012.

Kepala BPMD Kota Batam Gustian Riau mengatakan saat ini kemajuan investasi di Batam sepanjang 2012 semakin banyak dilihat dari rata-rata pengajuan perizinan PMA dan PMDN setiap bulannya.

"Sepanjang 2012 tidak ada yang keluar justru pemodal dalam bentuk pengajuan perizinan melalui PTSP rata-rata 30 perizinan tiap bulan," ujarnya, Rabu (19/12/2012).

Dia berharap dengan catatan pertumbuhan pengajuan perizinan investasi baik dari PMA dan PMDN tersebut dapat semakin mendorong efisiensi perizinan ke depannya sehingga segera dimanfaatkan oleh investor.

BPMD Kota, kata Gustian, terus menyusun gagasan agar investor bisa memperoleh perizinan lebih efisien dan kejelasan kepastian hukum.

"Kami terus memikirkan bagaimana mereka memperoleh perizinan lebih efisien dan kepastian hukum yang jelas," paparnya.

Gustian juga menilai selama ini meski PMDN berinvestasi untuk industri-industri yang kecil namun nilai investasinya cukup besar.

Oleh karena itu untuk mendorong pertumbuhan investasi PMDN, BPMD berencana mendekatkan pihak investor dalam negeri dengan pihak Pemerintah daerah melalui pertemuan diskusi kecil-kecilan.

Langkah ini bertujuan juga agar menimbulkan kenyamanan investor dalam membangun hubungan dengan Pemerintah.

"Pemkot akan menawarkan peluang melalui pertemuan, kami akan mengadakan coffee morning setia satu bulan sekali, jadi PMDN tidak lagi merencanakan investasi sendiri, tapi kami akan menjemput bola," jelasnya.(k17/k59)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Chandra Gunawan

Editor : Wahyu Kurniawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top