Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BLOK EKONOMI: UE-Singapura Rampungkan Negosiasi Perdagangan Bebas

BRUSSELS-Uni Eropa merampungkan negosiasi tahap akhir dengan Singapura terkait perjanjian perdagangan bebas pada Minggu (17/12).
News Editor
News Editor - Bisnis.com 17 Desember 2012  |  06:17 WIB

BRUSSELS-Uni Eropa merampungkan negosiasi tahap akhir dengan Singapura terkait perjanjian perdagangan bebas pada Minggu (17/12).

“Kesepakatan yang masih harus diratifikasi itu, diselesaikan oleh Komisioner Dagang Uni Etopa Karel de Gucht dan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Lim Hng Kiang,” kata Komisi Eropa.

Singapura merupakan tempat usaha dari 8.000 perusahaan blok ekonomi beranggotakan 13 negara tersebut. Negara ini kini merupakan mitra dagang terbesar UE di Asia Tenggara dengan nominal 74 miliar euro (97 miliar dolar) dalam perdagangan barang dan jasa.

“Perdagangan barang antara Uni Eropa-Singapura tumbuh 40% selama 2009 hingga 2011,” tulis pernyataan tersebut.

Perjanjian perdagangan bebas itu merupakan yang kedua antara Uni Eropa dan negara di Asia, setelah kesepakatan dengan Korea Selatan sebelumnya dicapai pada Juli 2011. Kesepakatan itu juga merupakan yang pertama dengan 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (Asean).

“Singapura adalah pasar dinamis bagi perusahaan asal UE dan merupakan negara penghubung penting untuk berbisnis di seluruh wilayah Asia Tenggara,” kata De Gucht dalam pernyataan tersebut.

Menurut Komisi Uni Eropa, kesepakatan itu juga akan menciptakan sejumlah kesempatan baru di berbagai bidang yang meliputi perbankan, asuransi, serta sejumlah industri jasa keuangan lainnya, termasuk dalam hal tender publik.

Kesepakatan itu juga akan memudahkan produk pertanian dan industri asal Eropa untuk masuk ke Singapura, sekaligus mengurangi sejumlah aturan yang selama ini menghambat.

“Sebagai contoh, Singapura akan mengimpor sejumlah mobil pabrikan Eropa yang dibuat dengan persetujuan dan standar keselamatan teknis UE”.

UE dan Singapura dijadwalkan menandatangani perjanjian itu pada musim semi 2013 mendatang. UE juga telah menggelar sejumlah pembicaraan terkait perjanjian perdagangan bebas dengan Malaysia dan Vietnam, dengan tujuan utamanya adalah mencapai kesepakatan antar regional UE dan Asean. (antara/afp/yus) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top