Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAYANAN SELULER Diharapkan Hadir di Kapuas Hulu

PUTUSIBAU--Masyarakat Dayak Iban di Desa Sei Abau Dusun Sei Luar dan masyarakat  Melayu  di sekitar Taman Nasional Danau Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat berharap layanan telekomunikasi berbasis seluler diperluas ke

PUTUSIBAU--Masyarakat Dayak Iban di Desa Sei Abau Dusun Sei Luar dan masyarakat  Melayu  di sekitar Taman Nasional Danau Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat berharap layanan telekomunikasi berbasis seluler diperluas ke desa-desa di sekitar Kapuas Hulu.

 

Hendrik, warga Sei Abau,  mengatakan layanan seluler sangat membantu pekerjaan warga, meskipun hanya berkebun. Terkait dengan harapan terhadap layanan seluler tersebut, warga berharap menggunakan layanan itu berkomunikasi soal usaha kebun mereka. Masyarakat Sei Abau rata-rata adalah petani karet dan sawit plasma. 

"Dengan handphone ini, kami bisa langsung memantau harga karet ke pengepul dan menyediakan yang kami punya," ujarnya kepada Bisnis, hari ini, Minggu (16/12/2012). 

Ahmad, warga sekitar Taman Nasional Dusun Sei Luar (TNDS), bekerja sebagai nelayan memanfaatkan telepon genggamnya untuk kebutuhan perahu dan speed boat. Selain itu, sebagai sarana komunikasi dengan pedagang ikan di Malaysia.

 

Adapun, TNDS dekat dengan Badau dan Lubuk Antu perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

Selain membantu masyarakat setempat, layanan telekomunikasi seluler di sekitar perbukitan dan Danau TNDS di Bumi Uncak ini tentu saja membantu kelancaran komunikasi para wisatawan yang berkunjung ke TNDS.Masyarakat TNDS juga berharap ada pembangunan jalan di sekitar rumah mereka hingga selesai. Pasalnya, jalan merupakan salah satu infrastruktur penting bagi wisatawan."Jalan sudah mulai dibangun, tetapi sampai saat ini belum selesai-selesai. Kami harap segera mendapat perhatian pemerintah," kata Ahmad yang tinggal dengan sekitar 200 kepala keluarga lainnya di wilayah TNDS. (spr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Kahfi
Sumber : Odie Krisno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper