ESDM BEBAS KORUPSI: Keputusan Tender Minta Saran BPKP

JAKARTA—Menteri ESDM Jero Wacik meminta seluruh jajaran Kementerian ESDM mengundang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) saat ragu-ragu memutuskan tender.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 14 Desember 2012  |  12:11 WIB

JAKARTA—Menteri ESDM Jero Wacik meminta seluruh jajaran Kementerian ESDM mengundang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) saat ragu-ragu memutuskan tender.

Menurutnya, banyak pimpinan tender saat ini takut mengambil keputusan, karena ragu-ragu. Di era seperti saat ini, setiap mengambil keputusan, ada saja pihak lain yang protes.

“Saya minta saudara-saudara kalau ada tender yang ragu-ragu mengambil keputusan, maka cepat-cepatlah mengundang BPKP. Saya minta BPKP membantu kepala tender agar mereka jangan ragu-ragu,” ujarnya di sela-sela acara Pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi di Lingkungan Kementerian ESDM hari ini, Jumat (14/12/2012).

Wacik mengatakan kepala tender harus cepat mengambil keputusan. Keputusan yang diambil cepat, tentu mengandung risiko. Namun, jika tidak ada satu pun keputusan yang dibuat, maka rakyat tidak akan mendapat apa-apa.

“Kalau BPKP bilang boleh putuskan, yak putuskan. Yang paling penting, niat kita bersama bahwa kita tidak akan melakukan korupsi,” ujarnya.

Hari ini (14/12/2012), Menteri ESDM Jero Wacik melakukan Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi di Lingkungan Kementerian ESDM. Dalam acara hari ini hadir juga Menteri PAN-RB Azwar Abubakar.

Program ini merupakan program yang disusun oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) bekerja sama dengan KPK dan Ombudsman Republik Indonesia.  

“Kami sudah tandatangan Pencanangan Zona Integritas di lingkungan ESDM, ini tidak mudah. Saya hanya garisbawahi, di antara kita [PNS] ada yang sudah bekerja 35 tahun, 40 tahun. Saya ingatkan, janganlah karier saudara yang sudah begitu panjang ini rusak gara-gara korupsi,” ujar Wacik.

Wacik meminta seluruh jajarannya menghindari hal-hal yang mengarah ke korupsi. Jika ada yang terbukti korupsi, Kementerian ESDM akan segera menindak.

Adapun, Zona Integritas adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian/lembaga/pemda yang pimpinan dan jajarannya mempunyai koimtmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. (spr)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Kahfi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top