Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GOETHE INSTITUT Gelar Pertunjukan Jazz

JAKARTA : Goethe Institut menggelar konser  dalam program “Serambi Jazz” dengan menampilkan Dieter Ilg Trio yang beranggotakan Dieter Ilg (Bass), Rainer Bohm (Piano), dan Patrice Heral (Drums) di GoetheHaus, malam ini, Jumat (14/12/2012).
Inria Zulfikar
Inria Zulfikar - Bisnis.com 14 Desember 2012  |  11:15 WIB

JAKARTA : Goethe Institut menggelar konser  dalam program “Serambi Jazz” dengan menampilkan Dieter Ilg Trio yang beranggotakan Dieter Ilg (Bass), Rainer Bohm (Piano), dan Patrice Heral (Drums) di GoetheHaus, malam ini, Jumat (14/12/2012).

 

Siapapun yang pernah mendengar pemain kontrabas ulung Dieter Ilg takkan heran bahwa dia sangat menyukai “Otello” karya Giuseppe Verdi. Dieter Ilg adalah pencerita yang ekspresif pada bas, seseorang dengan tingkat kepekaan yang tinggi untuk perkembangan drama, alur harmoni, dan liku-liku melodi.

 

Dia termasuk di antara virtuoso yang memainkan kontra bas secara mutakhir sambil mengkombinasikan tradisi dan hasrat bereksperimen dengan nikmat.

 

Dengan pianis muda Rainer Bohm yang sudah sering meraih penghargaan dan pemain drum luar biasa dari Prancis Patrice Herál, Dieter Ilg telah mendapatkan susunan pemain ideal untuk proyek yang berambisi sekaligus menghibur ini.

 

Ini bukan proyek “Classic Goes Jazz” yang menjemukan, melainkan upaya pencarian kreatif untuk memperoleh akses baru ke mahakarya Verdi, akses baru yang lahir dari semangat jazz.

Jazz kelompok kecil yang dimainkan dengan intensitas maksimal ini senantiasa selaras dengan momen-momen liris maupun dengan dramatik berapi-api yang terdapat pada musik Verdi. Lebih dari itu Dieter Ilg menambahkan sentuhan-sentuhan humor.

 

Dieter Ilg dan kedua rekannya berhasil mempertahankan keagungan Verdi, tanpa menafikan identitas mereka sendiri sebagai pemain jazz yang berimprovisasi.Dari sini muncul improvisasi yang kaya nuansa dan sarat groove jazz masa kini, demikian tulis surat kabar Jerman Mannheimer Morgen

Dieter Ilg termasuk segelintir pemusik top Eropa masa kini yang mampu memberikan kontribusi musikal yang unik kepada setiap proyek yang diikutinya. Apakah sebagai anggota grup atau sebagai pemimpin ansambel sendiri, setiap kali Ilg berhasil menggabungkan fungsinya sebagai pemain bas dan fondasi bagi kejadian musikal dengan suatu keringanan dan kemampuan berekspresi yang seakan-akan menafikan kesulitan teknis yang terkait dengan instrumen kontrabas.

 

Hanya sedikit pemusik yang sanggup menyaingi Dieter Ilg dalam seni mengiringi dan seni bermain solo. Suaranya yang virtuos, individual, penuh gairah dan berselera tinggi telah menjadi kontribusi berharga dalam musik jazz internasional. (spr)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top