Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERIKANAN JABAR: Nelayan Dapat Bantuan 10 Kapal Tangkap Ikan 30 GT

BANDUNG—Bertepatan dengan Peringatan Hari Nusantara, Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Jawa Barat menyerahkan bantuan 10 unit kapal  di atas 30 Gross Ton (GT) pada 10 kelompok usaha bersama (KUB) dari 6 kabupaten di Jabar.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 13 Desember 2012  |  14:05 WIB

BANDUNG—Bertepatan dengan Peringatan Hari Nusantara, Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Jawa Barat menyerahkan bantuan 10 unit kapal  di atas 30 Gross Ton (GT) pada 10 kelompok usaha bersama (KUB) dari 6 kabupaten di Jabar.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jabar Ahmad Hadadi mengatakan pemberian bantuan kapal tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan terutama untuk mendorong pendapatan nelayan per bulan.

“Target nasional pendapatan nelayan itu mencapai Rp2,3 juta, Jabar mendekati angka itu,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (13/12).

KUB yang menerima bantuan kapal tersebut harus bertanggung jawab terhadap operasional kapal, pengawakan, bagi hasil serta penyisihan hasil tangkapannya untuk biaya perawatan, perbaikan, asuransi dan biaya-biaya lainnya.

Hadadi juga mengatakan jika KUB yang menerima paket bantuan harus menetapkan ABK kapal yang memiliki kompetensi dan penjadwalan giliran berlayar. “Mereka juga harus memiliki nahkoda dan ABK yang mampu menguasai dan menerapkan teknologi serta manajerial penangkapan ikan,” katanya.

Penerima paket bantuan pun diwajibkan untuk membuat laporan secara berkala pada Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap dan DPK Jabar serta DKP kabupaten setempat.

“Kapal bantuan tidak bisa dipindahtangankan dan kalau kapal itu tidak operasional selama 3 bulan berturut-turut maka DPK akan menariknya kembali,” katanya.

Pihaknya akan mengalihkan kapal tersebut pada KUB lain yang menurutnya layak, siap, dan mampu untuk mengelola dan mengoperasikannya. 10 KUB yang mendapatkan bantuan kapal menurutnya terlebih dahulu dilakukan proses verifikasi oleh pihaknya.(k57/yri)(FOTO: Antara)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Wisnu Wage

Editor : Arys Aditya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top