Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ANGKASA PURA I: Jumlah Penumpang Bandara Hasanuddin Capai 13 Juta Orang Di 2015

MAKASSAR--PT Angkasa Pura (AP) I memproyeksikan jumlah penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin pada 2015 mencapai 13 juta orang seiring perampungan proyek perluasan bandara yang ditargetkan selesai pada 2014.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 12 Desember 2012  |  15:53 WIB

MAKASSAR--PT Angkasa Pura (AP) I memproyeksikan jumlah penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin pada 2015 mencapai 13 juta orang seiring perampungan proyek perluasan bandara yang ditargetkan selesai pada 2014.

General Manager PT AP I Bandara Sultan Hasanuddin Rachman Safrie mengatakan proyeksi arus penumpang 13 juta orang tersebut didasarkan pertumbuhan jumlah penumpang yang saat ini telah menembus angka 8 juta orang dan melebihi kapasitas normal bandara sebanyak 7 juta penumpang.

"Apalagi setelah perluasan bandara nanti rampung, diperkirakan pada 2015 jumlah penumpang bisa menembus 13 juta orang. Karena tahun ini saja arus penumpang telah mencapai 8 juta orang," kata Rachman, Rabu (12/12/2012).

Menurutnya, proyek pengembangan Bandara Sultan Hasanuddin ditargetkan dimulai pada semester I 2013, yang dalam proyek tersebut juga mencakup overlay landasan pacu, pemasangan pagar pengaman di sekitar kawasan bandara dan pengembangan strategis lainnya.

Dalam Rancangan Teknik Terinci (RTT) Pengembangan Terminal & Fasilitas Penunjang Bandara Sultan Hasanuddin 2013, akan ada penambahan terminal seluas 20 hektare yang 90% di antaranya merupakan lahan milik warga yang akan dibebaskan pihak Angkasa Pura I.

Namun menurut Rachman, jumlah investasi yang akan dikucurkan pihaknya untuk merealisasikan RTT Pengembangan Terminal & Fasilitas Penunjang Bandara Sultan Hasanuddin belum bisa dipastikan karena progres perampungan rencana tersebut masih sementara dilakukan.

"Nanti setelah progres perampungan RTT diselesaikan, baru bisa didapatkan besaran investasi dari proyek pengembangan bandara itu,” ujarnya.

Berdasarkan data PT Angkasa Pura I, pada 2011 jumlah penumpang yang menggunakan jasa Bandara Sultan Hasanuddin sebanyak 7,4 juta orang dengan rerata arus penumpang mencapai 20.426 orang per hari.

Sementara sepanjang 2012, jumlah penumpang telah menembus angka 8 juta orang dengan rerata per hari dilalui oleh 22.000 penumpang.

Komisaris Utama PT AP I Suratto Siswodihardjo mengatakan kondisi keamanan yang kondusif di Makassar sangat dibutuhkan untuk lebih menunjang target perseroan mencapai 13 juta penumpang pada 2015.

"Untuk itu kami berharap agar warga Makassar selalu beritikad menjaga situasi kondusif di kota ini sehingga calon penumpang domestik maupun mancanegara merasa aman untuk berkunjung, yang kemudian mendongkrak arus penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin," ungkapnya.

Terkait proyek pengembangan bandara, Suratto berharap Bandara Sultan Hasanuddin kedepan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sesuai Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). (K46)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Amri Nur Rahmat

Editor : Yanita Petriella

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top