Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PRODUKSI MOBIL: Agar diwajibkan untuk BBM oktan 90

Sekretariat Redaksi
Sekretariat Redaksi - Bisnis.com 12 Desember 2012  |  02:20 WIB
JAKARTA: Kementerian Perindustrian perlu membuat kebijakan yang mensyaratkan semua industri otomotif harus memproduksi mobil dengan bahan bakar minyak bernomor oktan 90 yang dicantumkan dalam profil produknya.
 
Suhari Sargo, ahli dan pengamat industri otomotif, mengatakan kebijakan pemerintah tersebut sangat penting untuk mendorong agen tunggal pemegang merek (ATPM) mengajak konsumenya tidak menggunakan BBM bersubsidi.
 
"Pemerintah meminta industri otomotif memproduksi kendaraan berbahan bakar minyak dengan nomor oktan 90, sekaligus mendorong pemilik kendaraan tidak mengonsumsi BBM bersubsidi," katanya, Selasa (11/12/2012).
 
Menurutnya, industri otomotif diperkirakan terus tumbuh pada tahun depan dengan angka konservatif sekitar 3%-5%, di atas realisasi penjualan 2012 yang hampir mencapai 1,1 juta unit.
 
Pertumbuhan indutri otomotif dalam negeri tidak bisa bendung menyusul situasi ekonomi nasional yang terus tumbuh secara baik, bersamaan dengan penambahan jumlah penduduknya yang membutuhkan sarana transportasi.
 
Dengan demikian, lanjutnya, tingkat konsumsi BBM untuk kendaraan sebagai sarana transportasi juga mengalami peningkatan secara signifikan.
 
"Yang berarti pemerintah juga harus menegosiasikan kembali penambahan kuota BBM dalam APBN," katanya.  (ra)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top