Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TAMBANG EMAS LONGSOR: 1 Warga Sukabumi Jabar Tewas

BANDUNG—Hujan deras di Gunung Buleud, Kampung Cibongbong Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, Senin kemarin menyebabkan tambang emas rakyat di kawasan itu longsor.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 11 Desember 2012  |  13:19 WIB

BANDUNG—Hujan deras di Gunung Buleud, Kampung Cibongbong Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi, Senin kemarin menyebabkan tambang emas rakyat di kawasan itu longsor.

Data yang didapat bisnis-jabar menyebutkan 1 orang penambang meninggal dunia, 1 orang terluka, dan sekitar 21 orang dikabarkan belum jelas kabarnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPBD) Jabar Ujwalprana Sigit mengatakan pagi ini pihaknya tengah melakukan upaya evakuasi di lokasi kejadian.

“Kami sudah menurunkan alat berat,cangkul untuk melakukan pencarian korban,evakuasi sedang berjalan,” katanya saat dihubungi lewat telepon Selasa (11/12) .

Sigit mengatakan pihaknya belum bisa memastikan kebenaran puluhan penambang yang kabarnya tertimbun longsor dan terbawa arus sungai Cipanengah yang berada di bawah tebing longsoran.

“Yang tertimbun masih simpang siur,saya tak berani mengatakan karena harus ada saksi terlebih dahulu,” katanya.

Kejadian pada sekitar pukul 16.30 tersebut, menurutnya, terjadi saat para penambang rakyat menghentikan pencarian emas karena terganggu hujan.

Menurut Sigit, para penambang memilih beristirahat di tempat yang sangat berbahaya. “Harusnya mereka lari dan tidak di lokasi tersebut,” katanya.(k57/yri) (FOTO:Antara)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Wisnu Wage

Editor : Arys Aditya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top