Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WILAYAH PERBATASAN: BBM Langka, Harga Sembako Melangit

PUTUSIBAU-Kelangkaan bahan bakar minyak jenis premium dan solar terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Kapuas Hulu hingga Taman Nasional Danau Sentarum Kalimantan Barat.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 10 Desember 2012  |  11:16 WIB

PUTUSIBAU-Kelangkaan bahan bakar minyak jenis premium dan solar terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Kapuas Hulu hingga Taman Nasional Danau Sentarum Kalimantan Barat.

Dari pantauan Bisnis di lapangan, terdapat 2 SPBU yang terletak di Kota Putusibau sering kali tutup, tidak menjual premium dan solar. Aktivitas masyarakat pun akhirnya mengandalkan BBM yang dijual oleh spekulan.

Harga BBM yang dijual spekulan mencapai Rp8.000-Rp10.000 per liter. Akibat kondisi ini, harga bahan-bahan pokok jadi melonjak yang sudah terjadi beberapa lama.

“Maaf Pak, harga makanan di sini mahal. Itu karena mahalnya harga BBM yang kami beli dari pedagang spekulan,” kata Rahmah, pemilik rumah makan.

Kondisi lebih parah dialami oleh masyarakat TNDS yang membeli premium sebesar Rp10.000 per liter. “Karena mahalnya sembako di sini akibat melangitnya harga BBM, kami terpaksa beli Sembako di Malaysia. Selain lebih dekat, juga lebih murah,” ujar Safri, warga TNDS.

Tidak hanya sembako, warga TNDS juga membeli barang-barang kebutuhan lain di Malaysia a.l. pakaian, bahan bangunan, peralatan speed boat. (k36/yus) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Odie Krisno

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top