Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

POLITIK NIGERIA: Ibu Menkeu Nigeria Diculik

ABUJA-Ibu dari Menteri Keuangan Nigeria dan bekas Direktur Pelaksana Bank Dunia Ngozi Okonjo-Iweala diculik dari rumahnya yang terletak di bagian selatan negara itu pada Ahad (9/12).
News Editor
News Editor - Bisnis.com 10 Desember 2012  |  06:56 WIB

ABUJA-Ibu dari Menteri Keuangan Nigeria dan bekas Direktur Pelaksana Bank Dunia Ngozi Okonjo-Iweala diculik dari rumahnya yang terletak di bagian selatan negara itu pada Ahad (9/12).

“Pada hari ini, Profesor Kamene Okonjo ... ibu dari Menteri Perekonomian dan Menteri Keuangan, Ngozi Okonjo-Iweala, diculik dari rumahnya di Ogwashi-Uku, negara bagian Delta,” tulis pernyataan Pemerintah Nigeria.

“Hingga saat ini, masih sulit mengetahui apakah dalang dibalik penculikan itu merupakan kelompok orang yang sempat mengancam menteri beberapa waktu lalu atau beberapa pihak yang memiliki motif permusuhan, belum ada kesimpulan yang bisa diambil sejauh itu,” katanya.

Okonjo-Iweala merupakan tokoh yang mendorong pemberantasan korupsi di salah satu negara yang korup di dunia itu, terutama terkait program subsidi BBM yang dicurigai sarat dengan praktik suap.

Penculikan dengan meminta tebusan seringkali terjadi di wilayah Delta yang merupakan produsen minyak, tetapi kasus itu jarang menimpa seorang pejabat tinggi seperti Okonjo-Iweala.

Menteri itu tengah ditekan untuk segera membayar subsidi kepada pengimpor minyak, tetapi pemerintah masih harus melakukan verifikasi terhadap klaim yang dibuat oleh para pengusaha tersebut.

“Hal ini merupakan masa yang sulit bagi seluruh keluarga Okonjo, tetapi pihak keluarga berharap masalah itu segera selesai dengan terus berdoa agar korban penculikan bisa cepat pulang dengan keadaan selamat,” katanya.

Sebelumnya Okonjo-Iweala merupakan salah satu kandidat untuk mengepalai Bank Dunia, tempat dia bekerja sebagai direktur pelaksana. Posisi tersebut kemudian diisi oleh ahli fisika keturunan Korea-Amerika, Jim Yong Kim, meskipun menteri dari Nigeria itu dinilai sebagai kandidat kuat non-AS yang mengisi pos itu.

Ayahnya adalah bekas penguasa di Nigeria, negara berpenduduk terbanyak di Afrika dengan 160 juta jiwa dan produsen minyak terbesar di benua itu. (foto: allnigeria.com/antara/afp) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top