Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RUMAH SUSUN SEWA: 4 Proyek Akan Dibangun Di Kota Malang

MALANG—Empat rumah susun sederhana sewa (rusunawa) baru akan dibangun di Kota Malang, Jawa Timur pada 2013 mengurangi angka backlog perumahan di kota tersebut secara signfikan.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 November 2012  |  23:15 WIB

MALANG—Empat rumah susun sederhana sewa (rusunawa) baru akan dibangun di Kota Malang, Jawa Timur pada 2013 mengurangi angka backlog perumahan di kota tersebut secara signfikan.

Plt Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Teddy Sumarna mengatakan empat rusun tersebut, yakni rusunawa untuk pasukan kuning dan pegawai pemadam kebakaran di kompleks kantor Dinas PU setempat, rusunawa untuk tenaga pendidikan dan guru di SMAN 10, rusunawa untuk mahasiswa di Institut Teknologi Nasional, dan Universitas Kanjuruhan.

“Rusunawa itu merupakan proyek dari Kementerian Perumahan Rakyat. Proyek-proyek tersebut merupakan prioritas dari kementerian tersebut pada 2013,” kata Teddy di Malang, Jumat (23/11).

Dia mengakui ke depan pembangunan permukiman memang diarahkan ke atas, vertikal dengan bangunan rusunawa dan apartemen. Pertimbangan lahan di Kota Malang, terutama di tengah kota, harganya sudah mahal sehingga tidak feasible dibangun untuk kompleks perumahan untuk perumahan sederhana tapak.

Syarat lain pengembangan permukiman, lanjut dia, perlunya infrastruktur jalan baru. Contohnya pengembangan kawasan perumahan di wilayah barat perlu adanya jalan lingkar barat. Adapun  untuk pengembangan kawasan perumahan di kawasan timur, perlu di bangun jalan lingkar timur.

Namun, lanjut  Teddy, pembebasan lahan untuk mendukung proyek infrastuktur jalan tidak mudah. Harga ganti rugi yang diminta penduduk biasanya terlalu tinggi, jauh dari harga pasar. (k24/if) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Choirul Anam

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top