Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KTT ASEAN: Pemberlakuan MEA & Konektivitas Kawasan Jadi Topik Utama

David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 16 November 2012  |  16:51 WIB

PHNOM PENH--Kesiapan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean pada 2015 dan konektivitas kawasan menjadi topik utama KTT Asean ke-21 di Phnom Penh, Kamboja pada 18-19 November 2012.

 

Hal itu terungkap dalam Asean Senior Officials’ Meeting (SOM) dan Asean Senior Economic Officials’ Meeting (SEOM) Leaders yang mulai berlangsung di Sofitel Phnom Penh Phokeethra, Jumat (16/11).

 

Dirjen Kerja Sama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI Iman Pambagyo mengatakan delegasi dari 10 negara Asean berupaya mematangkan rencana aksi yang lebih mendalam dan nyata guna memastikan kesiapan masing-masing negara dalam penerapan Masyarakat Ekonomi Asean pada 2015 tersebut.

 

“Dalam rangkaian pertemuan, para pejabat delegasi berkomitmen menyusun langkah-langkah yang lebih terukur dan detail, menyelesaikan kendala-kendala di masing-masing negara, sehingga pada waktunya di 2015 nanti berjalan sesuai dengan kesepakatan,” katanya di sela-sela SEOM.

 

Dia mengakui masing-masing negara memiliki sejumlah hambatan di beberapa bidang yang harus diatasi segera dan dikomunikasikan dengan baik , diantaranya infrastruktur, kepabeanan, tingkat pendapatan per kapita, sumber daya manusia, kelembagaan keuangan. (if)

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top