Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LOS ANGELES: Prosesi Endeavour ternyata tidak hanya selesai setelah pengumuman resmi pihak NASA. Proses pensiun pesawat ulang-alik Amerika Serikat  (AS) itu menempuh jalan darat 2 hari dengan menelan biaya US$10 juta (sekitar Rp96 miliar).

 

Maklum, Endeavour harus dipindahkan melalui jalan darat dari Bandara Internasional Los Angeles ke tempat istirahatnya, Paviliun Samuel Oschin di California Science Center, sejauh 19,2 kilometer melalui jalan biasa.

 

"Proyek pemindahan Endeavour menelan biaya US$10 juta," ujar Shell Amega, Juru Bicara California Science Center, seperti dikutip Reuters.

 

Jumat 12/10/2012 subuh, Endeavour meninggalkan Bandara Internasional Los Angeles untuk menempuh perjalanan 12 mil tersebut. Dijadwalkan, Endeavour sampai di rumah istirahatnya Paviliun Samuel Oschin, Sabtu sore (13/10.2012) waktu Amerika Serikat atau Minggu pagi waktu Jakarta.

 

Namun, jadwal itu meleset karena ternyata Endeavour baru bisa 'tidur nyenyak' di paviliunnya Minggu malam (14/10/2012) waktu AS atau Senin pagi (15/10/2012) waktu Jakarta.

 

Semula Endeavour dijadwalkan sampai di titik pengecekan dekat Baldwin Hills Crenshaw Plaza Sabtu siang pukul 14:00.

 

Ini adalah lokasi titik pengecekan terakhir berjarak 6,4 kilometer dari museum California Science Center. Rupanya jadwal itu molor 5 jam, karena Endeavour baru tiba di Baldwin Hills Crenshaw Plaza pukul 19:00.

 

Endeavour harus berhenti di lokasi itu karena harus dibelokkan 90 derajad untuk melanjutkan perjalanan sejauh 6,4 km ke rumah istirahat terakhirnya.

 

Bayangkan pesawat dengan panjang 37 meter dan lebar 24 meter itu harus bermanuver 90 derajad. Apalagi, total berat pesawat plus alat angkutnya adalah 80 ton.

 

Perjalanan sejauh 19,2 km itu juga harus mengorbankan fasilitas hijau kota California, karena sekitar 1.400 pohon harus ditebang untuk memuluskan jalan evakuasi Endeavour.

 

Namun, perjalanan yang melelahkan dan menegangkan itu akhirnya berakhir dengan manis pada Minggu petang (14/10/2012) waktu AS atau Senin pagi (15/10/2012) waktu Jakarta. Selamat beristirahat Endeavour! (sut)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Administrator
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper