Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKONOMI JEPANG: Produksi industri turun, pengangguran masih mengancam

TOKYO: Produksi industri Jepang per April naik tipis, atau di bawah estimasi para analis, sekaligus menggarisbawahi kekhawatiran soal krisis utang Eropa dan keterbatasan prospek penguatan yen.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 31 Mei 2012  |  08:29 WIB

TOKYO: Produksi industri Jepang per April naik tipis, atau di bawah estimasi para analis, sekaligus menggarisbawahi kekhawatiran soal krisis utang Eropa dan keterbatasan prospek penguatan yen.

 

Kementerian Perdagangan Jepang melaporkan produksi pabrik Jepang April tumbuh 0,2% dari capaian bulan sebelumnya, meleset di bawah nilai median perkiraan para analis, 0,5%.

 

Laporan yang dirilis Kamis 31 Mei 2012 itu sekaligus memperkuat tanda bahwa pertumbuhan ekonomi Jepang akan melambat di semester II/2012.

 

“Permintaan ekspor tidak terlampau menjanjikan, dan sinyal akan adanya rebound dalam kinerja ekspor tidak kuat,” kata Yoshimasa Maruyama, kepala ekonomi Itochu Corp di  Tokyo

 

“Produksi dan juga permintaan secara bertahap memang akan pulih, tapi saya kira itu baru akan terjadi pada semeseter I/2013 nanti.”

 

Data produksi Jepang ini sekaligus mengonfirmasi sejumlah indikator ekonomi sebelumnya, di antaranya pertumbuhan ekonomi Jepang per April yang hanya 4,1%.

 

Kemudian tingkat pengangguran Jepang yang naik 4,6% per April, penjualan ritel yang turun 0,3%, dan ekspor April hanya tumbuh 7,9%, di bawah estimasi pemerintah. (Bloomberg/Bsi)

 

BERITA LAINNYA:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Puput Jumantirawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top