Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ATURAN DP: Penjualan Mobil Baru di Bandung bakal merosot

BANDUNG:  Aturan Bank Indonesia yang membatasi uang muka kendaraan bermotor diprediksi akan memukul pembiayaan mobil baru di Bandung sehingga perusahaan leasing menggenjot kredit sebelum peraturan tersebut diberlakukan.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 Mei 2012  |  15:27 WIB

BANDUNG:  Aturan Bank Indonesia yang membatasi uang muka kendaraan bermotor diprediksi akan memukul pembiayaan mobil baru di Bandung sehingga perusahaan leasing menggenjot kredit sebelum peraturan tersebut diberlakukan.

Branch Manager Oto Multiartha Bandung Irvan Syafrudin mengatakan, selama kuartal I/2012, transaksi pembiayaan mobil baru di Bandung mencapai Rp25 miliar per bulan.

“Penjualan ini tumbuh sekitar 20% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” katanya, hari ini, 28 Mei 2012.

Menurutnya, pertumbuhan ini mereka rasakan terasa sejak awal 2012. Pertumbuhan pembiayaan mobil baru menurutnya dipicu rencana pemberlakuan Bank Indonesia (BI) yang membatasi biaya minimal uang muka kendaraan bermotor roda empat non produktif sebesar 30% pada 15 Juni 2012.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya lonjakan pertumbuhan pembiayaan. Menurut Irvan, sebelum aturan BI berlaku, perseroannya bisa membiayai kredit mobil dengan uang muka di bawah 30%.

 

Pertumbuhan sebesar 20%, lanjut dia, tidak didasarkan pada ajuan kredit. “Namun ajuan kredit yang mendapat persetujuan,” katanya.  Manajemen Oto, kata Irvan dalam satu bulan bisa menolak sekitar 20 pengajuan kredit mobil baru. “Artinya, apabila Oto tidak menolak ajuan kredit tersebut, pertumbuhan pembiayaan mobil akan jauh tinggi,” katanya.

Mobil dengan harga low-and jenis MPV paling tinggi dibandingkan dengan pengajuan kredit dari jenis mobil lainnya. “Sebanyak 60% dari total kredit, berasal dari mobil MPV. Sedangkan sisanya, dari jenis sedan pick up, dan lainnya,” jelas dia.

 

Dia menuturkan manajemen memprediksi setelah pasca diberlakukan aturan BI pada pertengahan Juni tahun ini, pembiayaan kendaraan roda empat diprediksi akan mengelami penurunan. "Konsumen akan pindah menggunakan mobil bekas. Akan terjadi penurunan signifikan pada pembiayaan mobil baru menjadi sekitar Rp20 miliar per bulan.(mmh)

SITE MAP:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Wisnu Wage

Editor : Intan Permatasari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top