Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILPRES MESIR: Jagoan IKHWANUL MUSLIMIN Unggul Sementara

KAIRO: Mohamed Moursi, calon dari kekuatan politik utama Mesir Ikhwanul Muslimin, memimpin perolehan suara sementara Pemilihan Umum Presiden Mesir yang diikuti oleh 13 calon presiden dan berakhir pada Kamis malam.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 25 Mei 2012  |  19:42 WIB

KAIRO: Mohamed Moursi, calon dari kekuatan politik utama Mesir Ikhwanul Muslimin, memimpin perolehan suara sementara Pemilihan Umum Presiden Mesir yang diikuti oleh 13 calon presiden dan berakhir pada Kamis malam.

 

Pengumpulan jumlah suara dari berbagai media massa dan pemantau, yang dilansir pada Jumat, menyatakan lima calon bertengger di urutan atas yakni Moursi, disusul Ahmed Shafik (calon independen), Hamdeen Sebahi (independen), Abdel Moneim Abul Fatuh (independen didukung Salafi), dan Amr Moussa (independen).

 

Kemunculan Hamdeen Sebahi di tiga besar dalam pemilihan umum dua hari itu mencengangkan banyak kalangan, karena berbagai jajak pendapat menyebutkan ia tidak diperhitungkan. Di Iskandariyah, kota kedua terbesar setelah Kairo, ia unggul dalam perhitungan sementara.

 

Ikhwanul Muslimin bahkan menyatakan mengumpulkan suara 35% dari lebih dari 50 juta pemilih. Pemilihan presiden untuk menggantikan presiden terguling Hosni Mubarak pasca-revolusi itu disambut gembira pemilih.

 

Akibat pemilih membludak, Komisi Pemilihan terpaksa memperpanjang waktu pemilihan, yang sedianya ditutup pukul 20.00 waktu setempat, ditunda menjadi pukul 21.00.

 

Bahkan, menurut kantor berita Mesir MENA, sejumlah tempat pemungutan suara menyilakan pemilih mengunakan haknya hingga pukul 22.00, karena panitia pemilihan membolehkan pemilih, yang telah berada di tempat pemungutan suara pada jam penutupan, dibolehkan memilih.

 

Di sisi lain, mantan Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter, yang memimpin Carter Center untuk memantau pemilihan umum itu, memuji pesta demokrasi itu, yang disebutnya berlangsung jujur dan terbuka.

 

Pemantau memperkirakan tidak ada calon meraih suara 50% lebih satu, sehingga pemilihan presiden akan digelar untuk tahap kedua pada tengah Juni untuk dua calon dengan suara terbanyak.Hasil resmi pemilihan itu akan diumumkan selambat-lambatnya pada Selasa mendatang. (antara/yus)

 

BACA JUGA:

 

FORMULA 1—Latihan 1 & 2 Belum Kuak Kekuatan Pebalap

Terkoreksi Lagi, IHSG Turun Di Bawah 3.900

Buyback Antam Turun Rp500/Gram, Harga Jual Stagnan Rp491.300—Rp530.500

Iran Mbulet Soal Nuklir, Minyak Kembali Ke Atas US$90

Kinerja Emiten Membaik, Stoxx Europe 600 Rebound

 

READ ALSO:

 

 Indonesia Stocks Slump 92.23 Points In Midday Break Session

PERTAMINA EP’s Output Reaches 130,000 Barrel

MARKET MOVING: Indonesian Export Continues To Weaken


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top