Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANK INDONESIA bertekad jaga volatilitas rupiah

JAKARTA: Bank Indonesia meyakinkan akan selalu berada di pasar guna menjaga volatilitas rupiah termasuk menyediakan kebutuhan valuta asing.Kepala Biro Hubungan Masyarakat Bank Indonesia (BI) Difi A. Johansyah mengakui saat pergerakan rupiah berlebihan,

JAKARTA: Bank Indonesia meyakinkan akan selalu berada di pasar guna menjaga volatilitas rupiah termasuk menyediakan kebutuhan valuta asing.Kepala Biro Hubungan Masyarakat Bank Indonesia (BI) Difi A. Johansyah mengakui saat pergerakan rupiah berlebihan, akan tetapi pelaku pasar tidak perlu khawatir karena bank sentral akan tetap berada di pasar.Gerakan rupiah, katanya, akhir akhir ini memang sudah eksesif yang didorong juga oleh perbedaan cukup besar antara onshore dan offshore."BI akan selalu mengamankan rupiah agar volatilitasnya tidak liar dengan selalu berada di pasar dan menyediakan valas yang cukup bagi dunia usaha yang membutuhkan dolar," katanya, Jumat, 25 Mei 2012.Menurutnya pergerakan tersebut salah satunya adalah akibat pengaruh sentimen Eropa terhadap persoalan Yunani. Sebab itu tidak hanya rupiah yang terkena dampaknya melainkan juga mata uang regional.Difi melanjutkan, pelemahan terhadap nilai tukar rupiah bsia juga disebabkan oleh investor yang melepas surat utang negara (SUN) dan mengonversikan hasil dari penjualan SUN tersebut ke dollar. Selain itu pelemahan ini juga salah satunya akibat gangguan dari gerakan di pasar luar Indonesia."Memang ini agak terganggu dengan gerakan di pasar offshore. BI juga akan mengamati perilaku bank dalam volatilitas rupiah saat ini, bagaimana mereka trading. Apakah murni untuk kepentingan nasabah atau tidak," jelasnya. (ra)

 

 

BACA JUGA:

FORMULA 1—Latihan 1 & 2 Belum Kuak Kekuatan Pebalap

Terkoreksi Lagi, IHSG Turun Di Bawah 3.900

Buyback Antam Turun Rp500/Gram, Harga Jual Stagnan Rp491.300—Rp530.500

Iran Mbulet Soal Nuklir, Minyak Kembali Ke Atas US$90

Kinerja Emiten Membaik, Stoxx Europe 600 Rebound

 

READ ALSO:

 Indonesia Stocks Slump 92.23 Points In Midday Break Session

PERTAMINA EP’s Output Reaches 130,000 Barrel

MARKET MOVING: Indonesian Export Continues To Weaken

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper