Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BENCANA ALAM: Longsor dan banjir terjadi di Balikpapan

 

 

 

JAKARTA: Hujan deras yang terjadi sejak Kamis dini hari, 24 Mei 2012 menyebabkan banjir dan tanah longsor di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Bahkan, ada sekitar 4 orang meninggal tertimbun tanah longsor di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Gunung Pasir. 

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir datang yang tiba-tiba terjadi sejak pukul 04.30 Wita. 

"Daerah yang banjirnya terparah terjadi di Kelurahan Telaga Sari dan Kelurahan Dam, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan," ujarnya, Kamis, 24 Mei 2012. 

Bahkan, lanjutnya, hampir seluruh daerah di Kota Balikpapan banjir, terutama di Gunung Guntur, Gunung Kawi, Jalan Ahmad Yani, Jenderal Sudirman, dan kawasan Damai. 

Kerugian lain akibat banjir dan tanah longsor itu adalah 6 rumah rusak berat, 6 rumah rusak ringan, dan ratusan rumah tergenang banjir hingga ketinggian 1,5 meter. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan dan BPBD Provinsi Kalimantan Timur berkoordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan darurat. 

Selain itu, Sutopo menambahkan BPBD juga mengerahkan 4 perahu karet untuk evakuasi masyarakat korban bencana.  "BPBD setempat dan instansi terkait lainnya dibantu masyarakat untuk membersihkan material longsoran akibat bencana," tuturnya.(msb)

 

UPDATE ARTICLE:

 

SITE MAP:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : R. Fitriana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper