Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BENCANA ALAM: Longsor dan banjir terjadi di Balikpapan

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Mei 2012  |  19:48 WIB

 

 

JAKARTA: Hujan deras yang terjadi sejak Kamis dini hari, 24 Mei 2012 menyebabkan banjir dan tanah longsor di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Bahkan, ada sekitar 4 orang meninggal tertimbun tanah longsor di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Gunung Pasir. 

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir datang yang tiba-tiba terjadi sejak pukul 04.30 Wita. 

"Daerah yang banjirnya terparah terjadi di Kelurahan Telaga Sari dan Kelurahan Dam, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan," ujarnya, Kamis, 24 Mei 2012. 

Bahkan, lanjutnya, hampir seluruh daerah di Kota Balikpapan banjir, terutama di Gunung Guntur, Gunung Kawi, Jalan Ahmad Yani, Jenderal Sudirman, dan kawasan Damai. 

Kerugian lain akibat banjir dan tanah longsor itu adalah 6 rumah rusak berat, 6 rumah rusak ringan, dan ratusan rumah tergenang banjir hingga ketinggian 1,5 meter. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan dan BPBD Provinsi Kalimantan Timur berkoordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan darurat. 

Selain itu, Sutopo menambahkan BPBD juga mengerahkan 4 perahu karet untuk evakuasi masyarakat korban bencana.  "BPBD setempat dan instansi terkait lainnya dibantu masyarakat untuk membersihkan material longsoran akibat bencana," tuturnya.(msb)

 

UPDATE ARTICLE:

 

SITE MAP:

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : R. Fitriana

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top