Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ABAF 2012Pemodal, pebisnis & regulator Asia gelar pertemuan

 

 

KUALA LUMPUR: Dalam kondisi ekonomi saat ini, jika Anda dapat memberikan nilai tambah atau menemukan produk baru yang dapat dijual, maka Anda tengah menciptakan kesejahteraan.  
 
Itulah salah satu poin yang disampaikan Menteri Keuangan II Malaysia Dato Seri Ahmad Husni Mohamad Hanadzlah hari ini, 24 Mei 2012, dalam pembukaan Asian Business Angel Forum (ABAF) 2012 di Kuala Lumpur. 
 
Ajang pertemuan katalis pemodal (angel investor), kapitalis ventura, pengambil kebijakan, dan entrepreneur atau para pelaku bisnis pemula (start-up) di Asia ini untuk pertama digelar di Malaysia setelah sebelumnya dihelat di Singapura dan Hong Kong. Acara yang digelar di Hotel JW Marriott ini berlangsung hingga 26 Mei.  
 
Dalam sambutannya Mohamad Hanadzlah mengatakan kegiatan ini sejalan dengan upaya pemerintah mendorong budaya entrepreneur yang memposisikan inovasi dan keaslian di tempat yang tinggi. 
 
"Kami telah menyiapkan pondasi bagi lompatan ekonomi. Dalam 9 tahun ke depan, ekonomi malaysia akan tumbuh secara dramatis. Kesempatan-kesempatan baru akan diciptakan dan bisnis akan berkembang," ujarnya. 
 
Menurutnya, entrepreneur dengan ide-ide barulah yang akan memimpin pembentukan perusahaan di masa depan. 
 
Pemerintah Malaysia sendiri lewat Creative Industry Loan telah menggulirkan 164 juta ringgit tahun ini hingga April. Malaysia juga akan meluncurkan MyCreative Ventura Capital dengan dana RM200 juta yang diantaranya untuk mendanai entrepreneur dengan ide-ide terbaik. 
 
"Kami juga membuat lebih murah dan mudah bagi pelaku usaha untuk mendapatkan pinjaman dan menumbuhkan bisnis mereka," ujarnya. Dukungan itu ditekankan pada perusahaan start-up yang kini banyak dilirik. 
 
Perusahaan start-up merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi atau baru didirikan dan dalam fase pengembangan untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah ini populer pada masa gelembung dotcom. 
 
Meski bisa berawal dari segala bentuk, namun istilah perusahaan start-up sering dikaitkan dengan perusahaan berorientasi pertumbuhan tinggi dan teknologi. Ada 25 perusahaan start-up yang terlibat dalam forum ini. (sut)
 
 
 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Wisnu Wijaya
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper