Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BMW Seri 6: Segmennya memang sangat niche

JAKARTA: Baru-baru ini BMW merilis kendaraan premium Seri 6 Coupe ke Indonesia. Namun, perusahaan tersebut tampaknya tak mematok target penjualan terhadap sedan yang dipakai Tom Cruise dalam film Mission Impossible 4 itu. Untuk membahas lebih jauh mengenai
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 23 Mei 2012  |  19:08 WIB

JAKARTA: Baru-baru ini BMW merilis kendaraan premium Seri 6 Coupe ke Indonesia. Namun, perusahaan tersebut tampaknya tak mematok target penjualan terhadap sedan yang dipakai Tom Cruise dalam film Mission Impossible 4 itu. Untuk membahas lebih jauh mengenai hal itu, Bisnis mewawancarai Helena Abidin, Corporate Communications Director PT BMW Indonesia. Berikut petikannya:

 

BMW meluncurkan Seri 6 Coupe di Indonesia bersamaan dengan diputarnya film Mission Impossible 4 di bioskop. Dapat dijelaskan strategi yang disiapkan untuk varian ini?

 

BMW Seri 6 Coupe yang diluncurkan kali ini merupakan generasi ketiga. Sebelumnya kami sudah lebih dulu merilis ke pasar Indonesia seri convertible-nya. Peluncuran Seri 6 Coupe ini untuk melengkapi varian tersebut.

Sengaja kami samakan waktu peluncurannya dengan jadwal pemutaran film Mission Impossible 4-Ghost Protocol, supaya momentumnya pas.

Kami yakin penonton yang menyaksikan aksi Tom Cruise di film tersebut akan terinspirasi dengan Seri 6 Coupe ini.

BMW Seri 6 Coupe terbaru ini kami hadirkan dalam dua varian, yaitu BMW 650i Coupe M Sport dan BMW 640i Coupe.

 

Dapat dijelaskan siapa target pasar yang ingin dibidik?

 

Terus terang, untuk kendaraan seperti ini segmennya memang sangat niche. Tetapi tentu tetap ada saja pasarnya, yaitu penggemar mobil sport coupe dan para kolektor.

Bagi kami, peluncuran seri ini bukan ditujukan sebagai volume maker. Kendaraan ini lebih ditujukan untuk memperkuat branding BMW di Indonesia.

Kami berharap kehadiran kendaraan ini dapat memberikan aspirasi desain dan teknologi bagi penggemar otomotif di Indonesia.

 

Bisa disebutkan target penjualannya?

 

Maaf, untuk varian ini kami tidak bisa share [target penjualannya].

 

Bagaimana konsep dasar Seri 6 Coupe terbaru ini?

 

BMW Seri 6 Coupe ini menawarkan definisi terbaru terhadap mobil sport mewah. Desainnya mengambil tema elegan dan terinspirasi oleh aliran air yang terbelah. Garis-garis yang mengalir di sisi kanan dan kiri emblem BMW di kap mesin ke bagian samping bodinya, mempertegas proporsi dari mobil sport coupe ini. Mobil ini berhasil menyabet penghargaan Red Dot Award.

 

Apa perbedaan antara BMW 650i Coupe dan BMW 640i Coupe?

 

BMW 650i Coupe terbaru dilengkapi dengan mesin V8 berkapasitas 4,4 liter. Konfigurasi itu sanggup menghasilkan tenaga sebesar 407 daya kuda pada putaran mesin 5.500 hingga 6.400 rpm, serta torsi maksimum 500 Nm pada 1.750 hingga 4.500 rpm . Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam, dari posisi diam, mobil ini hanya perlu waktu 4,9 detik. Kecepatan tertinggi dapat mencapai 250 km/jam.

Sementara itu, BMW 640i Coupe menggunakan mesin enam silinder berkapasitas 3 liter. Mesin itu sanggup menghasilkan tenaga 320 daya kuda pada putaran mesin antara 5.800 sampai 6.000 rpm, serta torsi maksimum 450 Nm pada 1.300 hingga 4.500 rpm. Dengan tenaga sebesar itu, mobil ini mampu melesat dari posisi diam dan mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu 5,4 detik.

 

Berbicara tentang kinerja secara keseluruhan, bagaimana perkembangannya sejauh ini?

 

Kami melihat tren pertumbuhan pasar bergerak cukup positif. Hingga November penjualan tumbuh 25% secara year-on-year. Kami perkirakan angkanya akan dapat dipertahankan hingga Desember.

Dari total penjualan, kontribusi terbesar masih berasal dari seri 3. Sementara compact SUV X1, pertumbuhan penjualannya juga cukup progresif. Pada 2010, dari Januari hingga November, penjualan varian ini mencapai 82 unit. Di tahun 2011, angkanya pada periode yang sama mencapai 184 unit, melonjak 124%.

 

Bagaimana dengan 2012? Varian apa saja yang akan diluncurkan di Indonesia?

 

Akan ada beberapa varian yang akan diluncurkan. Akan tetapi, kami baru dapat mengumumkan secara resmi rencana ini pada 18 Januari mendatang.

Pewawancara: Tri D. PamenanBisnis Indonesia

 

SITE MAP:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top