Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RUMOR DAHLAN ISKAN MUNDUR: Dari Twitter sampai ke Istana

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 22 Mei 2012  |  11:56 WIB

 

DAHLAN ISKAN, menteri paling populer di Kabinet Indonesia Bersatu jilid II diterpa isu miring. Menteri BUMN itu disebut-sebut mau mundur dari pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

 

Menteri yang sering dipanggil Pak Dis itu, sapaan akrabnya ketika masih memimpin Grup Jawa Pos, sudah membantah langsung rumor tersebut. Dari Istana, Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha pun menyampaikan bantahan serupa.

 

"Saya tidak tahu isu itu (mundur dari Kabinet). Siapa yang membuat, dan apa tujuannya. Arahnya pun ke mana saya tidak tahu," kata Dahlan usai mengikuti Rapat Pimpinan Kementerian BUMN, di kantor PT Pann Multifinance (Persero), Jakarta, Selasa 22 Mei 2012. 

Memang sulit menelusuri dari mana asal-muasal munculnya rumor tersebut. Namun, berdasarkan penelusuran Bisnis, isu tersebut santer terdengar dar jejaring sosial twitter.

 

Dua akun tanpa identitas yang jelas, @TrioMacan2000 dan @ratu_adil menjadi pelopor dengan memberikan celotehan (tuit) terkait dengan sepak terjang Dahlan Iskan.

 

Pembicaraan mengenai Dahlan pun menjadi ramai di twitter dengan segala celetukan baik yang serius maupun dengan nada bercanda.

 

Akun @TrioMacan2000 memang tidak langsung melepaskan rumor yang menyatakan Dahlan Iskan mau mundur. Namun, akun yang banyak memiliki penggemar itu, intens men-tuit seputar masalah Petral, anak perusahaan PT Pertamina, pekan lalu.

 

Dahlan mau tidak mau terkait dengan Petral karena perusahaan yang bermarkas di Singapura itu berada anak perusahaan Pertamina, BUMN raksasa yang mengurus minyak Indonesia. Perusahaan itulah yang mengurusi pembelian minyak impor untuk Indonesia.

 

Pada Minggu 20 Mei 2012, entah dimaksudkan membantah tudingan akun @TrioMacan2000 atau tidak, Dahlan memberikan penjelasan panjang lebar tentang Petral dan Pertamina melalui kantor berita Antara.

 

Pada pekan lalu juga, @ratu_adil yang muncul dengan cerita mengenai cerita tentang pertemuan di Istana pada Selasa malam (15 Mei 2012).  Menurut cerita @ratu_adil, pertemuan tersebut membahas masalah Petral dan Pertamina. Nah, dalam celotehannya, @ratu_adil menyebutkan muncul rumor Dahlan akan mundur dari kabinet.

 

Celotehan dari akun twitter yang secara jurnalistik kurang bisa dipertanggungjawabkan itu mendapatkan momennya menjadi pemberitaan ketika Julian, sebagai juru bicara Istana, membantah rumor tersebut ketika ditanya wartawan.

 

Terkait dengan keterangan resmi dari Istana Kepresidenan tersebut, Dahlan mengatakan itu merupakan hal yang wajar. "Tidak salah kan (Istana) menanggapi (rumor) itu," kata Dahlan.

 

Setelah penjelasan dari Julian itulah, rumor yang semula beredar di dunia maya kemudian menjadi isu yang berkembang di dunia nyata.

 

Meski begitu, mantan Dirut PT PLN itu pun merasa rumor tersebut tidak mengganggu pekerjaannya dalam mengurusi 141 BUMN. "Tidak lah. Masa saya memperhatikan yang gitu-gitu. Biarkan saja," kata Dahlan.

 

Pernyataan Dahlan itu agaknya bisa diwakili dengan istilah bahasa anak gaul yang sempat populer beberapa waktu lau, "Emang gue pikirin."

 

 

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Sutan Eries Adlin

Editor : Marissa Saraswati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top