Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BEA SISWA KULIAH: BNI Makassar jaring 16 mahasiswa Unhas

MAKASSAR: PT Bank Negara Indonesia Tbk Wilayah Makassar memberikan beasiswa kepada 16 mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar yang terjaring melalui kerja sama Early Recruitment Program 2012.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 20 Mei 2012  |  13:00 WIB

MAKASSAR: PT Bank Negara Indonesia Tbk Wilayah Makassar memberikan beasiswa kepada 16 mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar yang terjaring melalui kerja sama Early Recruitment Program 2012.

 

Chief Executive Officer BNI Wilayah Makassar Shadiq Akasya mengatakan tujuan pemberian bea siswa adalah untuk mengoptimalkan sumber daya manusia lokal dan memberikan kesempatan kerja yang lebih luas kepada putra-putri daerah.

 

Beasiswa yang diberikan melalui program ini nilainya tidak terbatas, artinya disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa yang bersangkutan terhitung sejak penandatanganan kontrak hingga mereka lulus kuliah.

 

"Jadi berapa pun biaya yang dikeluarkan mahasiswa yang bersangkutan, akan ditanggung oleh BNI. Karena biaya kuliah di masing-masing fakultas nilainya berbeda-beda, makanya kami tidak bisa menyebutkan angka pasti berapa jumlah beasiswa yang kami berikan per mahasiswa," ujarnya hari ini, Minggu 20 Mei 2012.

 

Menurutnya, selama terikat kontrak dengan BNI maka seluruh tagihan 16 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Ekonomi, Hukum, Teknik, dan Pertanian, akan ditanggung oleh pihak BNI.

 

Untuk itu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak rektorat Unhas. Mulai dari uang kuliah atau SPP per semester, uang saku per bulan, uang buku, hingga uang untuk menyelesaikan skripsi, ditanggung oleh pihak BNI.

 

Shadiq menambahkan, mahasiswa diberikan uang saku Rp1 juta per bulan per mahasiswa yang sudah termasuk uang buku, smentara untuk uang skripsi, nilai yang diberikan maksimal Rp1 juta per mahasiswa.

 

Secara rerata, paparnya, mahasiswa yang mendapat beasiswa adalah mahasiswa yang duduk di semester VI dan VIII, yang prestasinya sudah terlihat yaitu memiliki IPK minimal 3,0.

 

Namun, katanya, perjanjian itu bisa batal dan pihaknya tidak lagi memberikan beasiswa kepada yang bersangkutan, jika prestasi mahasiswa tersebut merosot atau tidak sesuai lagi dengan apa yang tertera dalam perjanjian yang telah ditandatangani.

 

Shadiq menambahkan ke 16 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa melalui kerja sama program ini, adalah mahasiswa yang memiliki prestasi cukup baik di kampusnya masing-masing.

 

Karena dari 166 nama yang dikirim pihak rektorat, hanya terpilih 16 nama setelah dilakukan sejumlah penjaringan melalui beberapa tahapan tes yang dilalui diantaranya wawancara, psikotes, kesehatan, dan lain-lain. "Pendaftaran dan penjaringan sudah dilakukan sejak 2011," ujarnya.

 

Menurutnya, setelah lulus ke-16 mahasiswa berprestasi itu akan direkrut oleh BNI untuk kemudian menjadi karyawan di bank plat merah tersebut dan secara otomatis, setelah lulus nanti mereka akan langsung mengikuti pendidikan untuk menjadi karyawan di BNI.

 

Sejauh ini, BNI sudah merekrut satu mahasiswa Unhas melalui program ini. ERP sendiri mulai dilaksanakan pihaknya pada 2010 lalu, dan baru berhasil menjaring satu mahasiswa yang kini telah menjadi karyawan di bank tersebut.

 

Dia berharap ke 16 mahasiswa yang mengikuti ERP 2012 bisa lolos 100%, sehingga nanti ada 17 mahasiswa Unhas yang berhasil direkrut dan menjadi karyawan.

 

Selain Unhas, program ini juga sudah berjalan di beberapa universitas negeri lainnya yang ada di lingkup kerja BNI Wilayah Makassar yang meliputi Sulsel, Sulbar, Sultra, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

 

Pihaknya juga telah memberikan beasiswa dari program serupa, kepada sejumlah mahasiswa yang ada di Unversitas Haluoleo, Kendari, Universitas Cendrawasih, Papua, dan Universitas Pattimura, Ambon.

 

"Kerja sama ini memang diperuntukkan bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di universitas negeri," ungkap Shadiq. (K46/Bsi)

 

 

TOPIK AKTUAL PILIHAN REDAKSI:

PILKADA DKI: Bekal BAJU KOTAK-KOTAK Buat JOKOWI

ARTIKEL LAINNYA:

ENGLISH NEWS:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Wiwiek Dwi Endah

Editor : Puput Jumantirawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top