Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SANKSI KEPADA IRAN: Hanya akan menaikkan harga minyak

WASHINGTON: Harga minyak mentah dunia berpotensi naik akibat sanksi yang dirancang guna membujuk salah satu produsen minyak mentah terbesar di dunia, Iran, agar menghentikan program nuklirnya.Menteri Ekonomi Iran Shamseddin Hosseini mengatakan harga

WASHINGTON: Harga minyak mentah dunia berpotensi naik akibat sanksi yang dirancang guna membujuk salah satu produsen minyak mentah terbesar di dunia, Iran, agar menghentikan program nuklirnya.Menteri Ekonomi Iran Shamseddin Hosseini mengatakan harga minyak akan naik tinggi hingga US$160 per barrel jika Uni Eropa tetap dengan rencana embargo minyak Iran pada 1 Juli 2012.“Kita benar-benar harus memberikan perhatian jika membicarakan penjualan minyak dan sanksi terhadap penjualan minyak, siapa yang menang dan yang kalah dalam sanksi seperti itu?” jelasnya kepada CNN.Hosseini mengatakan negerinya telah ditawan sanksi selama 33 tahun. Namun, hal ini justru menunjukkan bagaimana perekonomian Iran malah menguat. Dia merasa, sanksi yang akan diberikan AS tidak hanya menyerang perekonomian Iran semata. “Memang ini sulit, tapi bukan hanya bagi Iran. Dan kami dapat memastikan ada kenaikan harga minyak di pasar internasional yang patut dipertimbangkan. Sekarang, apakah ini benar-benar pendekatan yang terbaik?” tegasnya.Grup Delapan Negara (G-8) tengah berkumpul di kediaman kepresidenan Amerika Serikat (AS) di Camp David, Maryland. Selain membahas perkembangan krisis utang Eropa, mereka juga membahas cara meredam ambisi nuklir Iran.Para pemimpin G-8 menyatakan siap meminta Agen Energi Internasional untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjamin pasokan guna menghadapi gangguan aliran pasokan minyak dari Iran.Sementara itu, Israel telah menyatakan siap menyerang Iran guna mencegah republik Islam itu mengembangkan senjata nuklir. Iran mengatakan program nuklirnya bertujuan damai dan sesuai dengan haknya berdasarkan Pakta Nuklir Non-Proliferasi. (Bloomberg/Ahmad Puja Rahman Altiar/api)

 

    •  
  • TOPIK AKTUAL PILIHAN REDAKSI:

ENGLISH NEWS:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper